Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, November 1, 2015

Berbagai Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan
Pepaya tak hanya bisa dinikmati bagian buahnya saja.Bagian lain dari tanaman buah-buahan ini pun bisa dikonsumsi, seperti bagian bunga dan daun.Bunga dan daun pepaya kerap diolah menjadi masakan pendamping nasi.Selain nikmat dimakan, bunga dan daun pepaya juga bisa memberi manfaat kesehatan.

Khusus untuk daun pepaya sendiri, kandungan yang ada di dalamnya sangat beragam dan juga menyehatkan. Daun pepaya memang menjadi bahan favorit untuk membuat menu masakan pendamping nasi, seperti sayur daun pepaya atau oseng daun pepaya. Kita bisa dengan mudah menemui masakan berbahan daun pepaya di warteg atau rumah makan Padang.


Selain bisa dimasak, daun pepaya juga bisa diolah menjadi obat herbal atau ramuan jamu tradisional. Bagi sebagian orang, daun pepaya juga dipercaya mempunyai banyak khasiat kesehatan. Apa saja manfaat daun pepaya bagi kesehatan?

Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi daun Pepaya.

1. Mencegah & Mengobati Demam Berdarah
Mengkonsumsi olahan daun pepaya akan menghindarkan kita dari penyakit demam berdarah. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk DBD ini memang menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Untuk mencegah serangan penyakit tersebut, kita bisa mengkonsumsi olahan daun pepaya.Menurut penelitian, zat yang terkandung dalam buah Pepaya dapat meningkatkan trombosit sehingga bisa mencegah dan mengobati penyakit demam berdarah.

2. Membantu Masalah Pencernaan
Buah pepaya memang dikenal sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan khususnya susah buang air besar. Ternyata, tak hanya buahnya saja yang berkhasiat mengatasi masalah pencernaan, bagian daun pepaya juga bisa mengatasi masalah tersebut.Kandungan vitamin C dan vitamin A pada buah pepaya juga bisa dinikmati pada bagian daunnya. Masalah pencernaan bisa diatasi dengan menggunakan bahan dari daun pepaya.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Tumbuhan pepaya mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh khususnya untuk mencegah penyakit jantung. Bagian daun pepaya memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi yang mampu membantu metabolism tubuh, khususnya mencegah serangan penyakit jantung. Dengan kandungan zat antioksidan tersebut, daun pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol. Sehingga mampu menangkal berbagai macam penyakit dalam.

4. Anti Kanker
Daun pepaya juga memiliki kandungan enzim yang bermanfaat sebagai zat anti kanker, Rasa daun yang sedikit pahit ini dapat menghambat bakteri penyebab penyakit kanker pada tubuh. Kanker ganas seperti kanker yang biasa menyerang organ sensitif wanita hingga kanker hati bisa dihindari dengan mengkonsumsi dengan teratur daun pepaya ini.


Demikian tadi beberapa manfaat kesehatan Daun Pepaya yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi dengan merebusnya. Selain enak buahnya, bagian daun dari tumbuhan buah-buahan ini mampu memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Jangan ragu untuk mengkonsumsi daun pepaya, selain nikmat sebagai sayuran teman nasi, daun pepaya ini juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berbagai Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown