Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Tuesday, September 15, 2015

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan - Buah Pisang sebagai buah tropis dapat ditemukan dengan mudah, selain enak dimakan saat matang, buah ini nikmat juga di buat makanan cemilan ringan. Namun ada yang lebih penting lagi, bahwa buah pisang memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit  atau untuk sekedar memelihara kesehatan tubuh. Buah pisang menjadi favorit untuk makanan pencuci mulut di saat buah pisang sudah masak, naah, untuk mendapatkan manfaat kesehatan buah pisang harus di konsumsi saat buah pisang sudah masak. Untuk pisang yang sudah masak mempunyai manfaat yang sangat penting, karena kandungan gula dalam buah pisang dapat mengubah gula dalam darah menjadi glukosa alami, sehingga glukosa ini dapat cepat diabsorsi ke seluruh peredaran darah di tubuh.

Untuk mengetahui bahwa buah pisang sudah masak dan boleh dikonsumsi dapat dilihat dengan kasat mata, yakni mempunyai beberapa ciri khusus seperti kulit pisang berubah warna dari warna hijau menjadi kekuning kuningan dengan bercak kecoklatan, demikian seperti di lansir oleh kutipan timetotalks.blogspot.com. Dengan buah pisang yang sudah matang akan banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Untuk mengetahui beberapa manfaat buah pisang yang bermanfaat untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
1. Sumber Tenaga

Buah pisang yang berasa manis merupakan sumber zat gula yang dapat dicerna tubuh dengan mudah untuk menghasilkan tenaga yang berasal dari zat gula yang terdapat dalam buah pisang. Zat gula ini akan diubah menjadi sumber tenaga yang sangat bermanfaat untuk perkembangan tubuh dan membantu fungsi tubuh yang lainnya seperti otot dan lain lain sehingga dapat menghilangkan rasa lelah.

2. Ibu Hamil

Buah pisang juga dikenal mempunyai kandungan asam folat yang tinggi, dimana dalam satu buah pisang mempunyai kandungan asam folat sebesar 85 - 100 kalori. Dan mengkonsumsi buah pisang akan dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah dalam tubuh dan mengurangi morning sick, oleh karena itu buah pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, karena kandungan asam folat dapat membantu untuk pembentukan sel sel baru dan mencegah cacat bawaan yang dapat terjadi, sehingga sangat penting untuk kesempurnaan janin.

3. Penderita Anemia

Penderita Anemia sangat membutuhkan zat besi dalam tubuh, nah, untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan zat besi tersebut terdapat pada buah pisang yang cukup tinggi. Zat besi untuk penderita anemia dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah.

4. Penderita Sakit Maag

Jika anda mempunyai penyakit maag, ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi buah pisang, karena buah pisang dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan selanjutnya melapisi perut untuk mengurangi terjadinya iritasi pada lambung. Buah pisang juga bermanfaat untuk membantu melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut, dan khusus buat penderita penyakit usus akibat asam lambung konsumsilah buah pisang dengan segelas susu cair, maka buah pisang akan membantu mencegah kerusakan usus pada penderita penyakit maag.

5. Penderita Penyakit Lever

Buah pisang matang bermanfaat juga untuk penderita lever, yakni dengan menambahkan satu sendok makan madu, sehingga akan menambah nafsu makan yang berkurang karena gangguan lever yang diderita.

6. Penderita Luka Bakar

Untuk anda yang menderita luka bakar, anda dapat memanfaatkan daun pisang untuk membantu penyembuhan luka bakar, caranya pun cukup mudah dan simpel, caranya bakarlah daun pisang dan ambil abunya kemudian campurkan dengan minyak kelapa dan oleskan pada luka bakar, dengan ramuan ini akan membuat luka bakar anda menjadikan kulit luka bakar menjadi dingin.

7. Mengatasi Stress

Stres yang kadang terjadi dapat di bantu dengan buah pisang, karena buah ini mengandung potasium yang bermanfaat membantu menormalkan detak jantung dan mengirim oksigen ke otak. Oleh karena itu potasium yang terkandung pada buah pisang akan dapat menyeimbangkan kadar air dalam tubuh hingga menjadi normal kembali, karena saat kita stres maka metabolisme tubuh akan meningkat, sehingga mengganggu keseimbangan kadar air dalam tubuh.

8. Penderita Stroke

Mengonsumsi buah pisang akan dapat menurunkan resiko terjadinya stroke pada orang yang mempunyai resiko stroke hal ini seperti dilansir dalam riset The New England Journal of Medicine, 

9. Mengontrol Temperatur

Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.


Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown