Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Saturday, September 19, 2015

Manfaat Daun Kemangi untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Pria dan Wanita - Kemangi sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk masyarakat umum sebagai pelengkap makan atau lalap. Biasanya kemangi di konsumsi untuk teman menikmati pecel lele, gado gado, ikan pepes dan lain sebagainya, Daun Kemangi demikian namanya ternyata mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Aroma yang demikian, maka di sebut masyarakat Indonesia sebagai daun kemangi.

Daun kemangi yang sering kita gunakan sebagai lalap makanan ini nyatanya mempunyai manfaat dalam dunia kesehatan, karena ternyata memiliki kandungan senyawa yang sangat berarti dalam membantu memulihkan suatu gangguan kesehatan pada tubuh.

Sebelum kita membahas manfaat daun kemangi untuk kesehatan, ada perlunya kita mengetahui apa yang terkandung di dalam daun kemangi, berikut kita simak bersama :
Daun kemangi berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan, ternyata daun kemangi mengandung banyak senyawa yang penting untuk membantu kesehatan, seperti betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Nah, senyawa tersebut memiliki fungi dalam kesehatan mata, meningkatkan respon antibodi,dan juga sintesis protein yang bermanfaat dalam proses pertumbuhan sebagai antioksidan.

Didalam daun kemangi juga memiliki kandungan vitamin C yang penting dalam membentuk kolagen, yang bermanfaat dalam proses penyembuhan luka dan membantu dalam memelihara elastisitas kulit, mencegah pembentukan nitrosamin, sebagai penyebab kanker, kemudian vitamin c dapat membantu menyerap zat besi dan kalsium.

Selain daun kemangi mempunyai kandungan yang tersebut diatas, daun kemangi juga mengandung senyawa yang disebut dengan eugenol dan flavonoid, minyak atsiri, boron, anetol dan arginin. Senyawa eugenol dan flavonoid mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan kolesterol dan bersifat kanker serta menangkal radikal bebas.


Untuk mengetahui manfaat daun kemangi lebih jauh dalam membantu kesehatan tubuh?, berikut ini akan kita bagikan informasi tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Berikut informasinya :

1. Meredakan Demam & Masuk Angin pada Balita
Demam dan masuk angin yang dapat terjadi pada balita anda dapat disembuhkan dengan menggunakan daun kemangi hanya dengan cara meremas remas daun kemangi bersama dengan minyak kelapa dan bawang merah, kemudian di borehkan pada punggung dan perut balita anda, maka akan terasa hangat dan angin segera pergi.

2. Menyehatkan Mata dan Mulut
Kandungan yang terdapat pada daun kemangi seperti Vitamin A akan bermanfaat untuk mengatasi meredakan mata stress dan infeksi pada mata, serta dapat mencegah gangguan fungsi mata yang lainnya, dan jika dikonsumsi maka akan mengurangi bau mulut yang tak sedap. 

3. Melancarkan ASI
Bagi anda yang mengalami ASI yang tidak lancar, anda dapat memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasinya, hanya dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan saja. Selain memperlancar ASI daun kemangi dapat membantu mengatasi masalah bau mulut dan bau badan yang tak sedap.

4. Anti Inflamasi
Daun kemangi mengandung kalsium yang lumayan tinggi, sehingga dapat membantu meredakan  radang sendi, dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis, selain itu juga bahwa daun kemangi merupakan sebagai anti inflamasi dalam menyembuhkan bengkak. Oleh karena itu mengkonsumsi daun kemangi tidak ada ruginya.

5. Menopouse
Kemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.

6. Mencegah Batuk
Daun kemangi negara negara asia dinikmati dengan bentuk minuman seperti teh, dan biasa di gunakan atau disajikan saat terjadinya pergantian musim, dimana pada pergantian musim tersebut masyarakan sering terserang batuk, pilek dan demam.

7. Mengatasi Keputihan
Daun kemangi juga dapat membantu mengatasi keluhan keputihan yang sering terjadi pada kaum wanita pada umumnya, keputihan ini dapat sembuh berkat senyawa eugenol yang terkandung di dalam daun kemangi, oleh karena itu untuk kaum wanita, seringlah mengkonsumsi daun kemangi, agar kesehatan anda tetap terjaga.

8. Merangsang Sel Telur
Kandungan dalam daun kemangi yang mengandung zat stigmaasterol akan bermanfaat merangsang dalam proses pematangan sel telur.

9. Anti Radang
Daun kemangi yang memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai antibiotik alami dan anti peradangan merupakan manfaat daun kemangi karena mengandung zat cineole, myrcene dan eugenol. 

10. Kesehatan Jantung
Untuk memelihara kesehatan jantung, anda dapat mengkonsumsi daun kemangi secara rutin, karena daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang banyak bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung kita.

11. Mengatasi Stroke
Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

12. Manfaat lainnya
Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.


Manfaat Daun Kemangi untuk Menjaga Kesehatan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi