Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, March 20, 2016

Tips Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami

Cara Mengurangi Nafsu Makan - Nafsu makan yang berlebihan akan memiliki dampak yang tidak baik terhadap pertambahan berat badan, apalagi jumlah makanan yang dikonsumsi tidak dibarengi dengan pola makan yang baik, sehingga akan membuat lemak dalam tubuh semakin meningkat, yang pada akhirnya akan menjadi resiko terhadap berbagai penyakit pada tubuh anda, dan jika anda berkeinginan untuk menurunkan berat badan, tentu nafsu makan yang besar,  menjadi kendala yang serius dapat menghalangi program diet anda, akan menjadi berantakan, karena akan berlawanan dengan program yang sedang anda lakukan, program penurunan berat badan seiring dengan menurunkan nafsu makan, oleh karena itu cara mengatasi untuk menurunkan nafsu makan.
 
Konsum makanan yang sehat, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga badan menjadi berenergi yang cukup. Namun kondisi tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang, sehingga bila nafsu makan yang tinggi harus dilakukan pengendalian nafsu makan, dengan mengurangi nafsu makan, yang bisa dilakukan dengan cara alami.

Dalam rangka menjalankan program diet dengan jalan mengurangi nafsu makan berlebih, menjadi salah satu jalan yang berperan penting, untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan upaya mengkonsumsi makanan penunda lapar, sehingga rasa lapar yang sering terasa akan menjadi tidak cepat terasa, dampaknya tentu akan menunda maupun mengurangi porsi makan yang harus biasa dilakukan. Selanjutnya beberapa cara mengurangi nafsu makan secara alami berikut ini mungkin dapat membantu anda dalam upaya mengurangi nafsu makan anda.

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan

1. Konsumsi Air Mineral sebelum makan
Sebelum anda makan, anda bisa melakukan minum air mineral minimal 2 gelas, karena air mineral yang diminum sebelum makan akan membuat perut menjadi lebih kenyang, sehinga porsi makanan yang akan dikonsumsi menjadi lebih sedikit, nafsu makan pun menjadi berkurang.

2. Konsumsi Sayur dan Buah-buahan
Mengkonsum buah dan sayuran dapat juga mengurangi porsi yang akan anda konsumsi menjadi berkurang, terutama pada buah dan sayuran yang banyak mengandung air dan serat. Karena Air dan kandungan serat dalam buah dan sayuran membuat perut menjadi kenyang lebih lama, selain itu kekurangan vitamin, mineral akan tercukupi .

3. Konsumsi Makanan Penunda Lapar
Makanan penunda lapar sangat membantu rasa lapar yang datang pada waktu jam makan, untuk jenis makanan yang dapat menunda perut lapar misalnya roti, biskuit, susu, pisang, teh manis. Jenis makanan tersebut dapat menunda makan yang harus kita lakukan, sebaiknya rasa lapar dibantu dengan makanan tersebut agar porsi makanan yang harus dikonsumsi menjadi berkurang.

4. Atur Porsi Makan
Kebiasaan makan dengan menu makanan yang terhidang di meja makan secara berlebihan dapat memicu anda untuk tertarik menambah makanan, maka kebiasaan itu harus diubah dengan makan sekedarnya saja. atau anda bisa melakukan pindah pada tempat meja makan yang terletak jauh pada menu makanan yang dihidangkan, sehingga anda tidak akan melakukan tambah makanan secara reflek bila makanan anda sudah berkurang. selanjutnya akhiri makanan anda dengan makanan pencuci mulut.

5. Makanan untuk menekan nafsu makan
Makanan banyak jenis dan macamnya, namun dari sekian banyak jenis makanan ada beberapa jenis makanan yang mampu menekan nafsu makan menjadi berkurang, misalnya salad, kopi, oatmeal, apel, pisang, alpukat dan air putih.

6. Konsumsi makanan yang mengandung lemak baik
Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik dapat dianjurkan, karena akan dapat membantu usus halus untuk memproduksi oleoylethanolamide yaitu sejenis zat yang mampu memberikan respon pada otak untuk memberikan warning bahwa perut talah kenyang. Adapun jenis makanan yang dimaksud adalah seperti buah alpukat, kacang kacangan dan minyak zaitun murni.

7. Tak boleh telat makan
Pola makanan yang teratur berperan dalam mengurangi jumlah makan yang harus dilakukan, pola makan yang tepat adalah jangan makan malam setelah jam 8 malam, karena pada jam tersebut, makanan yang dikonsumsi akan menambah lemak yang semakin menumpuk. Karena tubuh kita saat malam akan bekerja mengolah mineral dan vitamin yang telah diserap oleh tubuh, dan selanjutnya memperbaiki sel sel yang rusak, dan terakhir metabolisme tubuh akan terganggu bila pola makan malam melebihi jam 8 malam.

8. Jangan malas-malasan
Rasa malas yang sering timbul dapat merubah kebiasaan anda pada pola makan yang baik, seperti pada saat jam makan, karena anda malas makan, biasanya anda akan mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan sesaat saja. Akibat selanjutnya adalah pada jam yang seharusnya akan sudah tidak harus mengkonsumsi makanan, anda akan merasa lapar yang harus makan makanan utama pada jam yang tidak disarankan untuk makan.

9. Kombinasikan makanan
Kombinasi makanan sangat baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh menjadi tercukupi, dan pola makanan sehat merupakan saran yang lebih utama.

10. Cobalah makan perlahan
Mengkonsumsi makanan terlalu cepar memberi dampak pada porsi yang tidak terhitung jumlah konsumsi makanan, dan dapat memperburuk kinerja pencernaan, karen makanan yang dikonsumsi cepat akan menhasilkan kunyahan yang kasar, oleh karena kunyahan makanan yang perlahan dapat membantu anda untuk mengendalikan makanan dan menghasilkan kunyahan yang bagus untuk sistem pencernaan kita.

Nah, itulah beberapa cara mengurangi nafsu makan yang bisa membantu dalam upaya anda untuk mengendalikan nafsu makan, sehingga dapat berhasil mengurangi berat badan yang sering melebihi batas. Selamat mencoba.

Tips Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kataladies.com