Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, October 18, 2015

Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Hipertensi

Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Hipertensi - Menjadi sakit pasti bukanlah impian semua orang.Akan tetapi kita tidak bisa selalu melepaskan diri dari kejadian sakit dalam hidup kita. Penyakit bisa menyerang kita kapan saja dan dimana saja. Dari yang ringan hingga yang berat. Tidak semua orang siap menghadapi kenyataan ketika tiba-tiba terserang penyakit yang serius.

Salah satu serangan penyakit yang bisa saja tiba-tiba menyerang kita adalah Hipertensi. Hipertensi merupakan gangguan pada system peredaran darah atau biasa disebut dengan darah tinggi. Penyakit ini memang lebih sering menyerang orang yang telah berusia lanjut.Usia antara 40 – 60 tahun akan beresiko lebih tinggi terkena Hipertensi.

Hipertensi menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Lalu, hal apa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit darah tinggi ini? Berikut ini beberapa faktor penyebab Hipertensi pada sebagian orang.

1. Stress
Stress menjadi salah satu penyebab paling umum dari penyakit Hipertensi. Keadaan mental dan psikologis yang tidak stabil dapat mempengaruhi syaraf-syaraf. Stress dapat meningkatkan resistensi pembuluh darah perifer dan curah jantung sehingga akan merangsang aktivitas syaraf simpatetik. Syaraf-syaraf yang terganggu akibat kondisi mental tersebut dapat menjadi pemantik naiknya tekanan darah.Oleh karena itu, hindari memikirkan sesuatu secara berlebihan agar tidak mudah stress.

2. Berat Badan
Penelitian epidemiologi menyebutkan adanya hubungan anatar berat badan dan tekanan darah, baik pada pasien Hipertensi maupun normotensi. Obesitas bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi terganggu. Jagalah selalu berat badan Anda agar tetap berada di kondisi yang ideal. Olahraga yang teratur menjadi cara yang paling tepat untuk mengatasi Obesitas.

3. Merokok
Merokok meningkatkan tekanan darah melalui mekanisme pelepasan Norepinefrin dari ujung-ujung syaraf adregenik yang dipacu oleh Nikotin. Seorang perokok aktif memiliki kecenderungan dua kali lebih besar terkena Hipertensi daripada yang tidak merokok. Meskipun begitu, penelitian menyebutkan bahwa merokok menjadi salah satu faktor penyebab Hipertensi yang dapat dicegah. Oleh karena itu, kurangi atau berhentilah merokok untuk mengurangi resiko terkena serangan Hipertensi.

4. Asupan Garam Berlebihan
Hal ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang umum, yaitu konsumsi garam yang berlebih dapat menyebabkan darah tinggi atau Hipertensi.Oleh karena itu, kurangilah makanan-makanan yang mengandung banyak garam agar terhindar dari darah tinggi.

Demikian tadi beberapa hal atau faktor yang menjadi penyebab terjadinya tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan Hipertensi. Begitu banyak faktor yang menjadi penyebab serangan Hipertensi. Namun, tak semua orang benar-benar waspada dan sadar akan hal tersebut.

Hipertensi yang sudah masuk ranah serius bisa mengakibatkan komplikasi penyakit dan akhirnya menjadi penyebab kematian. Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala darah tinggi, segeralah periksakan diri ke dokter.Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Hipertensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown