Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, July 12, 2015

20 Manfaat Brokoli Si Super Food untuk Kesehatan

Brokoli, siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, jens sayuran ini termasuk jenis makanan super yang kaya akan kandungan nutrisi dan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Dan saat ini sudah banyak sekali yang mengetahui manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh, karena brokoli ini sangat mirip sekali bentuknya dengan kembang kol.

Cara mengkonsumsi brokoli banyak cara mudahnya dengan memasaknya, misalnya dengan membuatnya masakan tumis dan capcai, sangat nikmat di konsumsi. Sayuran brokoli akan bermanfaat untuk kesehatan dengan mengkonsumsinya hanya dengan di kukus sebagai lalapan makan nasi yang sangat nikmat, dan saat ini jenis sayuran ini banyak sekali yang membuatnya menjadi jus brokoli yang cukup populer untuk kesehatan.
Sayuran brokoli bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena berdasarkan penelitian dari berbagai penelitian yang telah dilakukan memiliki kandungan senyawa anti kanker dan dapat menyembuhkan gangguan pernapasan dan mencegah asma. Selain mempunyai kandungan senyawa anti kanker sayuran brokoli juga mengandung zat gizi yang penting untuk tubuh, seperti mineral, vitamin A,B,C,K, kemudian juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk memperbaiki pencernakan.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Sebagai super food, sudah barang tentu brokoli ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah sayuran berwarna hijau ini.

1. Membantu program diet menurunkan berat badan
Jika anda tengah mengalami masalah berat badan yang berlebih, dan anda telah berusaha untuk menurunkan berat badan menjadi normal, maka anda tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi sayuran brokoli ini yang kaya akan serat, dimana dengan kandungan serat yang tinggi ini akan membuat anda terasa perut kenyang lebih lama, sehingga akan mengurangi konsumsi makanan yang seharusnya tidak anda konsumsi, selanjutnya sayuran brokoli juga mengandung vitamin, kalori yang rendah, lemak rendah dan mineral yang cukup untuk tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung
Sebuah Institute for Food Research di Norwich Inggris berhasil membantu manusia dalam kesehatan jantung yang menjadi momok menakutkan pada kehidupan modern seperti sekarang ini, penelitian tersebut berhasil menyilangkan brokoli hingga 2-3 kali jumlah normal akan kandungan glucoraphanin, sehingga dengan senyawa ini akan dapat membantu mencegah penyakit jantung yang sering menyerang siapa saja.

3. Menjaga ketajaman penglihatan
Sayuran brokoli juga mampu menjaga kesehatan mata, karena dalam sayuran brokoli mempunyai kandungan vitamin A dan lutein. Vitamin A yang terkandung di dalam brokoli sangat penting untuk menjada kesehatan retina, dan lutein dalam kadar tinggi dapat membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti makula dan katarak.

4. Menjaga kesehatan kulit
Bagi anda yang ingin selalu tampil cantik menawan, seperti idaman dan dambaan semua wanita, untuk mempunyai kulit cantik sehat terbebas dari bahan kimia yang berbahaya merupakan cara yang tidak dianjurkan. Dan anda bisa menggunakan cara alami yang aman untuk kesehatan kulit, misalnya dengan memanfaatkan sayuran brokoli, dimana sayuran ini mempunyai kandungan glucoraphanin, zat ini akan mampu membantu membuat kulit menjadi sehat dan memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang mengalami rusak akibat paparan sinar matahari. Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin dan teratur, maka akan sangat baik melakukan proses detoksifikasi kulit dengan sayuran brokoli ini. Kandungan vitamin E sangat baik untuk mempercepat proses regenerasi sel sel kulit mati, serta Vitamin C, vitamin B komplek dan beta karoten juga terkandung dalam sayuran brokoli yang sangat baik untuk kesehatan kulit menjadi sehat alami.

5. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan antioksidan dalam brokoli merupakan detosk alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti usus dan lambung dari racun. Serat tinggi juga dimiliki oleh kandungan brokoli, dimana serat sangat baik untuk membantu kesehatan pencernaan agar berfungsi dengan baik dan efektif untuk mencegah konstipasi atau sembelit.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular
Mengkonsumsi sayura brokoli yang cukup juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolah raga yang teratur, sehingga akan terjaga dari resiko penyakit kardiovaskuler seperti strok maupun jantung. oleh karena itu konsumsi brokoli yang mengandung vitamin B6 dan asam folat telah terbukti mencegah berbagai penyakit berbahaya dan mematikan seperti diatas.

7. Mengontrol tekanan darah
Sayuran brokoli kaya akan kandungan magnesium dan kalium yang tinggi, dimana kandungan tersebut sangat dibutuhkan bagi penderita tekanan darah tinggi yang sering menimpa seseorang tanpa pandang bulu.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan yang terdapat dalam sayuran brokoli dapat mencegah osteoporosis, karena dalam brokoli mengandung kalsium tinggi dan vitamin K yang sangat bermanfaat untuk membantu kesehatan tulang.

9. Mencegah depresi
Brokoli juga mempunyai kandungan asam folat dan vitamin B yang sangat tinggi, dimana kedua kandungan zat tersebut sangat dibutuhkan seseorang yang sedang mengalami depresi. Karena kekurangan asam folat akan membuat tubuh mengalami suasana hati yang tidak stabil. Dengan mengonsumsi brokoli yang cukup, maka akan mencegah depresi, daya ingat yang buruk dan kelelahan, bahkan skizofrenia.

10. Mencegah kanker
Bahwa brokoli juga mengandung sengawa anti-kanker yang cukup efektif, seperti telah dinyatakan oleh para ilmuwan, dimana dengan anti kanker yang terkandung dalam brokoli, akan mencegah perkembangan berbagai sel kanker. Hal ini adalah karena kandungan dalam brokoli yang kaya akan kandungan fitokimia yang disebut dengan isothiocyanate dan indole, keduanya ini merupakan zat penting yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan pada sayuran brokoli yang mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin c yang tinggi akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, virus dan bakteri. Kemudian selain mengandung kedua zat penting diatas brokoli juga mempunyai kandungan dengan apa yang disebut dengan fitokimia dan fitonutrien, dimana keduanya merupakan bagian dari sulforaphane, yang akan dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dan akan meningkatkan ketahanan fisik dari serangan flu.

12. Menjaga kesehatan sistem saraf pusat
Dengan mengkonsumsi sayuran Brokoli secara rutin dan teratur akan dapat menjaga fungsi otak untuk tetap optimal, dan akan mampu membangun otot, sehingga sayuran brokoli juga akan bermanfaat menjaga kesehatan sistem saraf pusat karena dalam brokoli juga kaya akan kandungan magnesium dan kalium

13. Meningkatkan kecerdasan
Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta menngkatkan memori otak. Sehingga mengkonsumsi brokoli juga akan baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena dalam brokoli juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi dalam janin, manfaat lain untuk ibu hamil adalah untuk mencegah penyakit anemia yang kerap mengintai ibu hamil saat melahirkan.

14. Menjaga kadar gula darah
Jika Anda adalah orang dengan kadar gula darah tinggi, maka brokoli adalah sayuran yang wajib dikonsumsi. Karena brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah.

15. Menurunkan kolesterol
Seperti sayuran lainnya, brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet.

16. Mencegah penyakit alzheimer
Seperti telah disebutkan diatas bahwa mengkonsumsi brokoli akan dapat meningkatkan fungsi otak, menjaga saraf, dan mencegah penyakit kardiovaskuler, maka dengan mengkonsumsi brokoli akan mampu membantu mencegah penyakit alzheimer atau pikun.

17. Mengobati penyakit asma
Jika anda senang dengan mengkonsumsi brokoli dengan dikukus setiap hari dan anda menderita penyakit asma, sayuran ini akan mempunyai manfaat yang baik untuk mengobati penyakit asma anda, karena dalam brokoli memiliki sifat anti karsinogenik dan juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B6, C, kemudian juga mengandung mineral seperti kalsium, dan zat besi serta serat makanan, sehingga mengkonsumsi brokoli merupakan anjuran yang sering dilakukan, untuk menjada kesehatan tetap terjaga.

18. Antioksidan
Kandungan akan antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang banyak terjadi pada saat ini, menjadikan brokoli sebagai salah satu sayuran yang paling dianjurkan untuk sering dikonsumsi, sehingga akan banyak membantu bagi kesehatan tubuh. Kandungan dalam brokoli juga sangat kaya akan zeaxanthin yang tinggi, beta-karoten, karotenoid, dan flavonoid, dimana zat zat tersebut termasuk dalam zat antioksidan yang akan membantu tubuh untuk menetralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

19. Anti-inflamasi
Brokoli juga terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-alergi. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat.

Beberapa cara yang perlu dilakukan agar manfaat yang terkandung dalam sayuran brokoli bermanfaat, yakni dengan Cara memasak brokoli yang paling baik adalah dikukus. Tidak dianjurkan menggorengnya. Jikapun harus ditumis, jangan terlalu lama. Cukup lima menit saja, karena proses pemanasan terlalu lama akan mengurangi setengah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sayang, bukan?

Aduuuh, banyak banget kandungan didalam brokoli yah? pantesan brokoli dapat bermanfaat untuk menjaga berbagai kesehatan tubuh, oleh karena itu banyak sekali yang menganjurkannya untuk sering mengkonsumsi sayuran brokoli tersebut agar kesehatan tetap terjaga.

20 Manfaat Brokoli Si Super Food untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi