Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, July 12, 2015

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan dan Kecantikan


Bunga kamboja di Indonesia sangat mudah untuk menemukannya, apalagi di sekitar kita banyak orang menanam disekitar lingkungan kita, bunga kamboja yang dikenal dengan bahasa latin Plumeria rubra L.cv Acutifolia merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari daerah Amerika tropik dan Afrika. Tanaman bunga kamboja tadap ditanam dengan berbagai cara yakni dapat ditanam dalam pot maupun pekarangan rumah, macam macamnya tanaman bunga kamboja beraneka ragam biasanya bila ditanam pada pot, maka tanaman bunga kaboja dalam bentuk kerdil, dan untuk yang besar dapat ditemukan di sekitar pekarangan maupun tempat pemakaman yang sudah umum ditanam sebagai pelindung pemakaman.

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa tanaman bunga kamboja terdapat beberapa jenis misalnya tanaman bunga kamboja berdaun lebar dengan ujung lancip, dan ada pula daun kamboja kecil dan lonjong dengan ujung tumpul, kemudian untuk bunga kamboja memiliki warna yang berwarna warna seperti bunga warna merah, merah muda, kuning dan putih.

Tanaman bunga kamboja, memiliki persamaan dengan tanaman bunga hias yang lain seperti bunga kenanga, bunga melati, bunga kamboja juga menyebarkan harum wangi yang khas. Tanaman bunga kamboja juga banyak memberi manfaat untuk membantu kesehatan alami yang menghindarkan dari resiko berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itusaat ini banyak bunga kamboja digunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit seperti frambusia, menghaluskan kulit, kapalan, kutil, bengkak bisul dan kencing nanah atau Gonorrhea.

Banyak bagian dari tanaman bunga kamboja mempunyai manfaat yang berbeda beda, dari getah pohon bunga kamboha memiliki kandungan  senyawa sejenis, damar, kautscuk, lupeol, triterpenoid, dan sejenis karet. Sedangkan dari kandungan minyak terdiri dari fenetilalkohol, farnesol, linallol, sitronellol dan geraniol.

Berikut ini beberapa contoh cara pengobatan menggunakan bunga kamboja.

1. Mengobati Bisul
Jika anda menderita penyakit bisul, anda dapat memanfaatkan bunga kamboja untuk mengobati penyakit tersebut, dengan cara minyak kelapa di campur dengan daun kamboja, langkahnya dengan mengolesi daun kamboja yang sudah lemas dengan minyak kelapa, dan tempelkanlah pada bisul dan gantilah jika daun tersebut sudah mengering. Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan getah pohon kamboja yankni dengan mengoleskan getah tersebut pada bagian tubuh yang terdapat bisul.

2. Mengatasi Bengkak
Untuk mengatasi sakit bengkak dapat disembuhkan dengan menggunakan kulit pohon kamboja, caranya dengan menumbuk daun kamboja sampai halus, dan rebuslah sampai mendidih, gunakan air tersebut untuk merendah bagian tubuh yang bengkak dengan air yang agak hangat, selain untuk merendam bagian yang sakit juga bisa digunakan dengan mengompres jika tidak mungkin untuk direndam.

3. Patek, Puru (Frambusia)
Caranya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi dan menggosok bagian tubuh yang luka.

4. Kencing Nanah (Gonorrhea)
Cuci bersih 1 potong akar pohon kamboja, kemduian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air ramuan tersebut diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir.

5. Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Jika anda mengalami sakit gigi yang berlubang, maka segeralah mengobatinya dengan menggunakan getah pohon kamboja, dan tempelkan dengan menggunakan kapas pada gigi yang berlubang, maka sakit gigi anda pasti lama lama akan berkurang rasa sakitnya, dan sembuhlah kemudian.

6. Menghilangkan Tahi Lalat
Jika anda mempunyai tahi lalat yang sangat tidak anda inginkan, karena sangat mengganggu dan mengurangi kecantikan anda, maka gunakanlah ramuan yang satu ini untuk membantu menghilangkan tahi lalat tersebut. caranya gunakan getah pohon kamboja, kemudian dengan menggunakan kapas tempelkanlah getah tersebut pada tahi lalat anda, jika anda rajin melakukannya secara rutin, maka tahi lalat anda akan segera menghilang dengan sendirinya.

7. Menghilangkan kutil
Seperti tahi lalat, kutilpun dapat dihilangkan dengan menggunakan getah pohon kamboja, caranya sama dengan menghilangkan tahi lalat, namun anda harus berhati hati, agar jangan sampai mengenai bagian tubuh yang lain, karena getah pohon kamboha bersifat tajam, sehingga dapat melukai tubuh anda.

Bunga kamboja memang kaya akan kandungan emolien dan vitamin E. Selain untuk pengobatan, bunga kamboja juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama perawatan kecantikan kulit. Bunga eksotis ini memberikan sensasi melembabkan, melembutkan, serta menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi