Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, July 2, 2015

Terapkan 7 Amalan Yang Dianjurkan di Bulan Suci Ramadhan


Sebagai umat muslim yang taat dan taqwa kepada Allah merupakan suatu keharusan untuk terus meningkatkan keimanan kita, apalagi pada saat saat menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Saat bulan Ramadhan adalah banyak amalan yang dianjurkan untuk umat muslim, sehingga pada bulan puasa merupakan tempatnya untuk mengamalkan kebajikan dengan penuh semangat, sehingga kita diharapkan untuk berlomba lomba melakukan amalan amalan yang sangat dianjurkan untuk menambah amal ibadah kita menjadi semakin bertambah besar pahalanya. Beberapa amalan dalam bulan puasa harus diterapkan, untuk semakin menambah suasana bulan Ramadhan terasa lebih indah, sehingga akan membuat kita semakin khusu' dalam menjalani semua aktifitas selama bulan Ramadhan yang penuh hikmat.


Banyak amalan yang menjadi wajib kita lakukan saat bulan puasa ini, seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW dimana umat muslim tanpa kecuali untuk dapat meningkatkan dan menjalankan amalan tersebut, karena pada bulan ramadhan merupakan kesempatan yang paling baik untuk menyempurnakan semua pahala dan keimanan kita. Dan berikut ini terdapa beberapa amalan yang dianjurkan Rasulullah pada bulan suci ini.

1. Memperbanyak Sedekah
Rasulullah selalu menganjurkan banyak sedekah bagi umat muslim yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, karena sedekah merupakan amalan yang sangat mulia, dimana pahalanya akan meningkat berlipat ganda, sehingga rizki kita menjadi barokah, sepanjang kita bersedekah dengan niat yang tulus dan ikhlas. Dengan memperbanya sedekah pada bulan suci Ramadhan, demikian seperti telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.  
2. Memperbanyak I’tikaf
I'tikaf merupakan amalan yang sangat dianjurkan Rasulullah ketika berpuasa 10 hari menjelang akhir ramadhan yaitu dengan berdiam diri di masjid dengan selalu beribadah kepada Allah SWT. Amalan ini akan semakin meningkatkan keimanan kita dan dapat menghindarkan diri perbuatan perbuatan maksiat dan tercela lainnya yang mungkin bisa mengurangi pahala puasa kita. Sehingga ibadah puasa ramadhan yang kita jalani akan tidak sia sia hanya mendapatkan lapas dan haus saja. Demikian berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

3. Mendirikan Shalat tarawih berjamaah
Sholat tarawih pada puasa ramadhan merupakan amalan sunnah yang seharusnya dilakukan saat menjalankan ibadah puasa ramadhan. Dalam sebuah hadist nabi yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA, bahwa sholat tarawih dianjurkan dengan berjamaah kepada seluruh kaum muslim.


4. Menghidupkan malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, Yang mana malam mulia ini berdasarkan pendapat yang paling kuat, Terdapat pada 10 malam yang terakhir di bulan Ramadhan, Tepatnya pada malam ganjil. Dan pada malam-malam tersebut alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti I’tikaf, memperbanyak do’a, mengerjakan sholat malam dan amalan lainnya.

5. Membaca Al-Qur’an
Rasulullah menganjurkan untuk melakukan memperbanyak membaca Alqur'an atau tadarus Alqur'an, kegiatan ini sangat dianjurkan ketika bulan puasa, setelah melakukan ibadah sholat tarawih, dan saat waktu luang sebaiknya melakukan tadarus Alqur'an, dari pada mengunjing orang. Dengan melakukan tadarusan Alqur'an akan menjadikan bulan puasa yang anda lakukan menjadi penuh berkah, sehingga akan meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita.


6. Melaksanakan ibadah umroh
Ibadah umroh saat di bulan suci Ramadhan merupakan kegiatan yang juga dianjurkan oleh Rasulullah jika kita mampu, mampu dalam artian, ongkos biaya maupun kemampuan fisik melaksanakan ibadah umroh pada bulan Ramadhan, Menurut Rasulullah bahwa pahala orang yang melaksanakan ibadah umroh saat bulan ramadhan memiliki pahala yang sama dengan ibadah haji.


7. Memperbanyak istighfar pada malam akhir Ramadhan
Saat menjalankan ibadah puasa ramadhan sangat dianjurkan memperbanyak istighfar atau mohon  pengampuanan pada malam akhir Ramadhan, atau paling baik dilakukan setiap saat, tidak hanya pada bulan suci ramadhan saja. juga salah satu amalan yang sangat penting. Karena pada malam tersebut akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba Allah SWT yang meminta pengampunanNya. Hal demikian sesuai dengan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al-Bazzar.


Nah, itulah beberapa amalan yang dianjurkan Rasulullah pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. 

Terapkan 7 Amalan Yang Dianjurkan di Bulan Suci Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi