Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, July 5, 2015

Manfaat Bunga Kenanga Atasi Berbagai Penyakit

Bunga kenanga merupakan bunga yang dikenal mempunyai bau yang sangat khas dengan bunga bunga yang lain, bahkan pemanfaatannya juga sebagai bunga yang khusus sebagai bunga untuk orang yang sedang berduka. Bentuk tanamannya yang sering menjadi tanaman peneduh rumah atau pun di tepian jalan, tanaman ini mudah di temukan dimana saja berada. Bahkan jenis dari bunga kenanga mempunyai beberapa jenis yang berbeda beda.

Bunga kenanga yang mempunyai nama latin Canangium odoratum ini mempunyai banyak manfaat yang bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti bunga melati, dan pagoda. Pada zaman nenek moyang kita bunga kenanga sering digunakan untuk mengobati penyakit seperti malaria, sesak napas, dan batuk akibat bronkhitis, dan manfaat lain dari bunga kenanga dapat membantu untuk bahan baku jamu untuk ibu yang baru saja melahirkan.


Manfaat bunga kenanga untuk pengobatan bisa anda lihat melalui ramuan tradisional di bawah ini:

Jamu Setelah Melahirkan

Dahulu kala, saat belum banyak dokter seperti sekarang ini, daun kenanga menjadi salah satu obat tradisional yang berguna untuk membuat jamu yang bermanfaat menyembuhkan dan memulihkan kondisi ibu yang baru melahirkan, ramuan obat tradisional ini sering digunakan para dukun bayi untuk membantu pemulihan kesehatan.

Untuk mengetahui cara meramu ramuan bunga kenanga berikut ini merupakan cara membuatnya, ambilah bunga kenanga muda dan di tambahkan bahan bahan seperti, Jakeling, jalawe, jongrahab, kunyit, kunci pepet, pegatsih dan kayu rapet, Semua bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk atau di blender, settelah itu baru seduh dengan air panas, dan saring airnya, kemudian di minum segera. lakukan setiap hari agar obat tersebut mememulihkan kesehatan.

Mengobati Bronkhitis

Bunga kenanga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit bronkhitis yang mungkin anda derita saat ini, caranya cukup mudah dan simpel, ambil 2 kuntum bunga kenanga, kemudian cuci bersih bunga tersebut dan rebus dengan segelas air bersih hingga air tersisa setengahnya. kemudian dinginkan air rebusan tersebut dan baru anda bisa meminumnya setiap pagi dan sore hari, lakukan secara rutin dan teratur, pasti penyakit bronkhitis anda akan segera hilang.

Obat Sesak Napas
Sesak napas atau asma, dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan bunga kenanga, yang berkhasiat juga untuk menyembuhkan penyakit tersebut, caranya ambil bunga kenanga sebanyak setengah genggam, kemudian cuci bersih dan tambahkan satu setengah gula putih, baru direbus dengan segelas air hingga airnya tinggal setengahnya. Saringlah airnya dan minum setiap pagi dan sore hari secara teratur, maka akan sembuh penyakit sesak napas anda.

Mengobati Malaria
Untuk mengobati malaria, ambil 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.

Bunga kenanga yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan ini, sekarang sudah sangat jarang ditemukan. Jadi, bagi Anda yang memiliki pohon bunga kenanga di sekitar rumah, jangan ditebang. Pelihara saja karena banyak manfaatnya.

Manfaat Bunga Kenanga Atasi Berbagai Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi