Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Sunday, July 12, 2015

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Tanaman bayam dikenal dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya, sehingga bayam menjadi sumber kekuatan untuk kesehatan tubuh manusia. Bayam dengan nama latinnya Amaranthus spp merupakan tanaman dalam famili Amaratohideae yang sering dikonsumsi pada bagian daun dan batang yang masih muda. Bayam di konsumsi dengan banyak cara bisa di buat sayur bening atau bisa juga di rebus aja sebagai lalapan atau juga sebagai urap untuk teman makan nasi, bahkan saat ini bayam telah dapat dikembangkan dengan mengolahnya menjadi keripik bayam yang lezat dan disukai banyak orang.


Untuk mengetahui beberapa kandungan bayam dalam 100 gram, maka terdapat beberapa kandungan seperti 81 gram kalsium, 3 gram besi, 3,2 gram karbohidrat dan 2,3 gram protein, selain itu bayam juga banyak mengandung beberapa mineral dan vitamin seperti magnesium, kalium, natrium, roflavin, fosfor, thiamin, niasin, kemudian untuk vitamin seperti vitamin C dan vitamin A, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga bayam sangat penting untuk kehidupan manusia.


Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang melimpah pada daun bayam menjadikannya sebagai sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut akan kami jelaskan perihal apa saja manfaat bayam bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Baik untuk Diet
Bila anda sedang mengalami kelebihan berat badan, dan anda ingin menurunkan berat badan dengan melakukan diet alami, anda dapat memanfaatkan sayuran bayam sebagai diet alami paling ampuh untuk anda konsumsi. Karena dalam sayuran bayam mengandung serat makanan yang baik sebanyak 20 persen, yang akan dapat membantu tubuh dalam mencegah sembelit, sehingga pencernaan semakin sehat alami, kemudian bayam juga mampu membantu mempertahankan gula darah rendah.

2. Melawan Kanker
Selain mengandung berbagai kandungan yang telah diuraikan diatas, masih ada lagi kandungan dalam daun bayam yang dikenal dengan kandungan flavonoid, dimana flavonoid ini merupakan phytonutrisi yang akan membantu tubuh menjadi antikanker. Hal ini seperti telah dilakukan banyak penelitian dilakukan terhadap flavonoid yang mampu mencegah terjadinya pembelahan sel kanker pada perut, sel kanker kulit dan kanker prostat. Flavonoid juga dapat menurunkan resiko kanker 34 % kanker seperti kanker yang sering menyerang kaum wanita.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Dalam bayam juga mengandung karotenoid, dimana zat ini merupakan salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk tubuh dalam menjaga kesehatan mata, sehingga bayam dapat membantu mata untuk terhindar dari degenerasi makula dan penyakit katarak pada mata.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Seperti banyak kita ketahui bahwa bayam bagus sekali untuk menjaga kesehatan tulang karena bayam banyak mengandung vitamin K yang tinggi, sehingga jika anda mengonsumsi bayam secangkir, maka kebutuhan vitamin K dalam sehari akan terpenuhi. Dengan banyak mengonsumsi bayam juga akan mencegah terjadinya pengeroposan tulang yang banyak terjadi karena kurang mengonsumsi sayuran bayam yang kaya akan berbagai mineral dan vitamin yang banyak dibutuhkan oleh tubuh kita. Didalam bayam juga masih ada kandungan yang sangat penting dalam membantu menguatkan tulang yaitu fosfor, tembaga, seng dan magnesium.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat vitamin A sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit akan nampak sehat dan segar, karena kelembapan kulit selalu terjaga pada lapiran epidermis, keriput, prosiasis dan mengatasi jerawat yang sering timbul.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kebutuhan tubuh akan vitamin A akan dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi satu cangkir dalam sehari, sehingga dengan vitamin A tubuh akan terlindungi, sehingga akan memperkuat entry point dalam tubuh manusia, seperti usus, saluran kemih, saluran pernapasan dan membran mukosa. Dengan vitamin A juga merupakan kunci dari limfosit atau sel darah putih untuk memerangi infeksi yang selalu menimbulkan penyakit pada tubuh manusia.

7. Anti-inflamasi
Jika anda mengalami penyakit inflamasi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, maka anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi bayam, karena dalam bayam memiliki sifat alkalinitas yang tinggi, sehingga akan dapat membantu penderita penyakit inflamasi.

8. Mencegah penyakit Kardiovaskular
Asam Folat yang terdapat dalam bayam sangat baik yang dapat berfungsi mengurangi homosistein, dalam bayam juga masih terkandung inositol dan choline, dimana kedua zat ini akan membantu mencegah dalam pengerasan pembuluh darah. Asam folat yang terkandung dalam bayam juga akan dapat mengurangi asam amino yang ditemukan dalam darah yang bertanggungjawab dalam resiko penyakit jantung.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam merupakan sayuran sumber kalium tinggi namun rendah kandungan sodiumnya. Keseimbangan dua mineral ini sangat membantu pasien darah tinggi dalam menurunkan tekanan darahnya. Kandungan asam folat dalam bayam juga turut andil dalam elastisitas pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

10. Menurunkan Risiko Diabetes

Jika Anda adalah termasuk orang dengan risiko tinggi terkena diabetes, maka mengkonsumsi bayam adalah baik. Mengkonsumsi bayam secara rutin membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil. Kandungan magnesiumnya sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi.

11. Mencegah Anemia

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi yang tinggi, jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terkena anemia.  Zat besi membantu proses pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

12. Mengobati Gusi Berdarah

Pendarahan pada gusi bisa disebabkan oleh karena kekurangan vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus dalam tubuh. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi bayam dengan wortel dibuat jus.

13. Sumber Anti-oksidan

Bayam mengandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Mencegah terjadinya terjadinya osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

14. Mencegah Pengapuran
Bayam yang kaya akan vitamin K mempunyai peran penting untuk proses karboksilasi, dimana vitamin K akan dapat mencegah terjadinya proses pembentukan kapur dalam jaringan, Selain itu juga vitamin K sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan fungsi otak dan sistem saraf untuk sintesis sphingolipids. oleh karena itu konsumsilah setiap hari satu cangkir agar dapat mencegah stroke, penyakit jantung dan aterosklerosis.

15. Kesehatan Pencernaan
Dengan sering mengkonsumsi bayam secara rutin maka akan membantu anda dalam kesehatan pencernaan, karena kandungan bayam yang kaya akan vitamin A dan vitamin C akan membantu melindungi saluran cerna dan usus dari radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh, kemudian asam folat dalam bayam bagi tubuh manusia akan membantu mencegah mutasi pada sel sel usus dan kerusakan DNA.

16. Pertumbuhan
Sayur bayam sangat penting untuk masa masa pertumbuhan seperti pada ibu hamil, anak anak dan remaja yang sangat membutuhkan zat besi sebagai mineral penting dalam pertumbuhan tubuh. Bayam banyak mengandung kalori yang bebas kolesterol dan rendah lemak, manfaat bayam juga sangat penting untuk ibu hamil dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

17. Mencegah Kelelahan
Jika anda mengalami kelelahan sehabis menjalankan berbagai aktifitas sehari hari, manfaatkan dengan mudah daun bayam yang mudah kita temukan, caranya cukup dengan mengkonsumsi bayam secukupnya, dan rasakan bedanya setelah mengkonsumsi bayam, maka energi anda akan meningkat, zat besinya akan dapat meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat bayam bagi kesehatan. semoga dengan artikel kesehatan ini akan menambah wawasan anda semakin luas tentang manfaat penting dari tanaman tanaman yang menyehatkan tubuh kita.

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi