Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Friday, August 25, 2017

Cara Mengobati Diare Pada Anak dan Orang Dewasa

Cara Mengobati Diare - Diare dapat terjadi pada anak maupun orang dewasa, nah kali ini saya ingin memberikan tips secara alami untuk mengobati diare tersebut. Diare sendiri merupakan penyakit yang membuat penderita akan buang air besar lebih sering, namun bedanya dengan buang air biasa yakni pada penderita diare kotoran atau tinja akan menjadi lembek atau cair.

Diare dapat menyerang seseorang tidak tanpa sebab, ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang menderita diare. Diantaranya yakni karena kelebihan vitamin C, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam, atau bisa juga dikarenakan oleh infeksi virus dan bakteri.

Cara paling mudah agar anda dapat terhindar dari diare yakni selalu membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun setelah memegang benda kotor. Tahukah anda bahwa penyakit diare ini akan sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat. Bahkan di Negara berkembang diare merupakan salah satu penyebab kematian paling dominan.

Kenapa diare sangat berbahaya ?
Anda tidak perlu kawatir jika penderita tidak mengalami dehidrasi. Namun apabila penderita mengalami dehidrasi atau muntah setiap kali minum atau makan sebaiknya segera dibawa kedokter. Jangan anggap remeh penyakit ini karena jika dehidrasi akan menimbulkan gangguan irama jantung dan menurunkan kesadaran sampai meninggal dunia.

Cara Mengobati Diare

Cara Mengobati Diare

Cara Mengobati Diare Pada Anak
1. Berikan cairan
Penanganan tepat yang pertama yakni berikan cairan lebih dari biasanya agar anak tidak mengalami dehidrasi. Namun pastikan jangan hanya memberikan anak air minum biasa saja, berikan pula cairan khusus yang mengandung elektrolit agar dapat mencegah dehidrasi. Cairan ini dapat anda buat dari campuran 1-2 sendok makan gula dan garam seujung sendok teh kedalam satu gelas air putih.

2. Berikan asupan makanan
Jangan sampai tidak memberikan asupan makanan pada anak. Cobalah untuk memberikan makanan yang mudah dicerna seperti bubur. Namun perlu diperhatikan, jangan berikan anak sayuran karena serat dalam sayuran susah untuk dicerna sehingga dapat meningkatkan frekuensi diarenya. Hindari pula mengkonsumsi buah kecuali pisang dan apel karena kedua buah tersebut mengandung kaolin, pektin, dan kalium yang mampu memadatkan tinja serta menyerap racun.

3. Berikan oralit
Jika dirumah ada oralit, gunakan bubuk oralit dewasa dengan cara diencerkan 2 kali lipatnya. Jadi, yang seharusnya 250 cc diencerkan menjadi 500 cc.

Cara Mengobati Diare Pada Orang Dewasa
1. Daun jambu biji
Pertama rebus terlebih dulu daun jambu biji yang kering sebanyak 15-30 gram dengan air sebanyak 150-300ml. Rebus sampai mendidih dan jangan diangkat dulu namun biarkan tetap mendidih selama 15 menit. Setelah itu baru angkat dan tunggu sampai hangat baru konsumsi air rebusan tersebut.

2. Konsumsi cairan
Sama halnya seperti pada anak, orang dewasa juga sebaiknya mengkonsumsi air saat menderita diare agar tidak terjadi dehidrasi. Namun jangan cukup dengan air putih biasa saja, konsumsi pula cairan yang mengandung elektrolit.

3. Kunyit
Parut terlebih dulu 4 ruas kunyit lalu masukan kedalam 1/2 gelas air panas, aduk dan tutup. Diamkan selama 15 menit lalu konsumsi campuran air dan kunyit tersebut.

Nah itulah beberapa tips cara mengobati diare pada anak dan orang dewasa secara alami. Pastikan anda tidak meremehkan penyakit yang satu ini. Segera kedokter apabila disertai dengan mutah, adanya darah dan lendir dalam tinja. Sekian tips pengobatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Cara Mengobati Diare Pada Anak dan Orang Dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kataladies.com