Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, August 24, 2017

Tips Mudah Memilih Makanan yang Baik

Tips Memilih Makanan yang Baik Untuk Tubuh – Makanan merupakan sumber utama energi tubuh manusia yang diperlukan untuk melakukan aktivitas. Dengan makan, maka akan memberikan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kendati demikian, setiap orang harus pandai dalam memilih makanan yang baik untuk tubuhnya. Ini dikarenakan, pemilihan makanan yang kurang tepat akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Lalu bagaimanakah cara memilih makanan yang baik? Berikut penjelasan selengkapnya.

Tips Memilih Makanan yang Baik Untuk Tubuh

1. Makanan Kemasan
Untuk anda yang gemar mengonsumsi makanan kemasan, maka pastikan dalam kemasannya telah terdapat izin dari badan pengawasan makanan setempat. Lihat juga tanggal kedaluwarsanya, apakah sudah lewat atau belum.

2. Pilih Sayuran Organik
Banyak orang yang beranggapan bahwa semua sayur itu sehat. Padahal anggapan itu tidaklah sepenuhnya benar. Saat ini, tidak sedikit ditemukan sayur yang mengandung bahan kimia dalam kadar yang tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya cobalah untuk mengonsumsi sayuran organik yang dapat anda beli atau tanam sendiri.

3. Hindari Makanan Berlemak dan Mengandung Banyak Gula
Makanan yang mengandung banyak lemak dan gula sangat beresiko apabila dikonsumsi. Makanan jenis ini dapat mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh sehingga berpotensi besar menyebabkan stroke.

4. Pilih Makanan yang Cara Memasaknya Benar
Makanan yang salah cara memasaknya berpotensi mengakibatkan masalah pada kesehatan tubuh. Misalnya saja telur setengah matang, atau daging setengah matang. Makanan-makanan ini bila dikonsumsi dapat mengakibatkan diare karena bakteri salmonela yang masih hidup di dalamnya.

5. Hindari Makanan yang Mengandung Pewarna dan Pengawet Kimia
Makanan yang mengadung pewarna maupun pengawet kimia akan memberikan dampak negatif jangka panjang terhadap tubuh. Dampaknya tidak langsung terasa, tetapi akan terasa dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda untuk menghindari makanan yang mengandung bahan pewarna ataupun pengawet kimia.

6. Pilih Makanan Lokal Daripada Makanan Impor
Makanan impor yang dikirim dari negara lain sudah pasti mengandung pengawet kimia yang bertujuan untuk memperlambat pembusukan. Hal ini sangatlah berbahaya mengingat kita belum tahu jenis pengawet apa yang digunakan, serta aman atau tidak untuk digunakan. Maka dari itu, lebih baik anda mengonsumsi makanan lokal yang terdapat di daerah anda karena kesehatannya lebih terjamin.


Demikianlah pembahasan tentang tips cara memilih makanan yang baik untuk tubuh. Mudah-mudahan informasi yang kami berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tips Mudah Memilih Makanan yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi