Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Tuesday, May 26, 2015

11 Tips Membasmi Ketombe dari Kulit Kepala secara Alami

Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Proses pergantian sel kulit mati di kepala yang mengelupas untuk diganti dengan sel kulit yang baru sebenarnya adalah proses yang alami. Namun proses pengelupasan yang berlebihan (disebut ketombe) akan memberikan masalah pada kesehatan kulit kepala dan mengganggu penampilan. Ketombe akan memberikan rasa gatal, dan membuat rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

Ketombe disebabkan oleh jamur, kulit berminyak, stres, ketidakseimbangan hormon, melemahnya sistem kekebalan tubuh, kulit kepala yang tidak cocok dengan produk perawatan rambut serta faktor lainnya. Sebenarnya ketombe adalah proses yang pasti terjadi karena regenerasi sel kulit pasti akan terjadi, namun bagaimana caranya agar pengelupasan sel kulit itu tidak berlebihan dan membawa efek buruk pada rambut dan kulit kepala.

Untuk mencegah timbulnya ketombe yang berlebihan, sebaiknya kita melakukan pencegahan dengan hal berikut ini

1.    Menjaga kulit kepala tetap bersih dengan cara rajin mencuci rambut 2-3 kali seminggu dengan menggunakan shampo yang mengandung Zinc Pyrithione, Tea tree oil , teh hijau dan ketoconazole

2.     Menyisir rambut secara teratur akan membantu mengusir ketombe dan sel kulit mati dikulit kepala.

3.    Konsumsi banyak sayuran hijau, telur dan protein yang dapat memperkuat rambut dan mencegah ketombe muncul kembali.

4.    Kotembe akan menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala, namun dengan menggaruk kulit kepala yang gatal hanya akan memperburuk kondisi kulit kepala, apalagi jika sampai menimbulkan luka.

Namun bagaimana jika keempat langkah di atas tidak mampu mengatasi ketombe yang berlebih? Ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang disediakan alam dan ada di sekitar kita, seperti:

1.    Garam
Garam akan mempercepat pengelupasan kulit mati serta membunuh bakteri dan jamur pada kulit kepala. Caranya mudah, hanya dengan menggosokan garam hingga meresap pada kulit kepala,  kemudian dibilas dengan air bersih dan shampo

2.    Minyak almond
Oleskan minyak almond pada kulit kepala, kemudian pijat perlahan kulit kepala kita,  tutup kepala dengan handuk yang sudah dicelupkan pada air hangat, diamkan sebentar hingga minyak almond meresap, kemudian bilas sampai bersih

3.    Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat membantu mengatasi ketombe berlebih. Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengobati ketombe sama caranya seperti penggunaan minyak almond

4.    Jeruk nipis
Potong beberapa buah jeruk nipis, peras dan oleskan pada kulit kepala, lakukan pemijatan secara merata, diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih

5.    Daun pandan
Ambil 5 -7 daun pandan, cuci sampai besih, kemudian tumbuk dan campur dengan setengah gelas air, kemudian diperas. Hasil perasan daun pandan tersebut oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas sampai bersih.

6.    Lidah buaya
Ambil daging lidah buaya, kemudian tumbuk sampai halus dan oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih

7.    Minyak zaitun
Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata, kemudian bungkus kepala dengan menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat, diamkan sejenak, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

8.    Cuka
Campur cuka dan air dengan perbandingan yang sama, oleskan pada kulit kepala, diamkan semalaman dan cuci rambut pada keesokan harinya

9.    Jus apel
Buatlah jus apel dengan menggunakan 3 buah apel dan air hangat secukupnya, gunakan jus apel tersebut untuk keramas, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

10.    Daun kangkung
Ambil seikat daun kangkung, rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas air. Tunggu sampai air hasil rebusan daun kangkung tersebut menjadi dingin, kemudian oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu cuci rambut dengan menggunakan shampo yang cocok untuk rambut Anda.

11.    Baking soda
Basahi rambut dan kulit kepala kita menggunakan air, kemudian oleskan baking soda pada permukaan kulit kepala secara merata, kemudian bilas dengan air bersih dan diamkan hingga kering.Tak perlu menggunakan shampo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala.

Perawatan kulit kepala menggunakan bahan-bahan alami tersebut di atas akan memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan secara teratur.

11 Tips Membasmi Ketombe dari Kulit Kepala secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi