Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Wednesday, May 13, 2015

Tindakan Tepat Ketika Telinga Berdenging Waspada Penyakit Tinnitus

Apabila anda mengalami telinga berdenging, Anda mungkin bingung tindakan apakah yang direkomendasikan untuk Anda perbuat. Telinga berdenging bisa diakibatkan karena Tinnitus, jika ini yang terjadi pada telinga Anda, maka Anda harus secepatnya memeriksakan diri menuju dokter THT terpercaya di kota Anda. Dokter pun akan melihat catatan kesehatan Anda, khususnya apabila Anda pernah memeriksakan diri di dokter tersebut. Apabila tidak, maka Anda dapat menceritakan kepada dokter terkait penyakit telinga yang pernah Anda derita sebelumnya. Karena semakin lengkap informasi yang diterima dokter tersebut, maka diagnosisnya juga akan semakin tepat. Mari baca selengkapnya.

Yang harus Anda persiapkan
Dokter THT selanjutnya akan melakukan pemeriksaan fisik, dan menjalankan beberapa rangkaian tes yang memang dibutuhkan, kemudian berusaha dalam mencari sumber dari penyakit Tinnitus yang Anda derita. Dokter juga akan membutuhkan informasi terkait seberapa parahkah dengingan atau dengungan yang Anda rasakan, dan tentunya apakah itu terjadi cukup sering atau tidak. Jika terjadi cukup sering, maka itu merupakan pertanda buruk. Informasi lainnya yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh dokter yakni apakah dengingan yang terjadi bersifat terus menerus dan konstan atau tidak. Informasi-informasi tersebut kemudian akan ditelaah oleh dokter, dan untuk mengambil tindakan penyembuhan yang diperlukan.

Mengatasi Telinga berdenging

Karenanya, sebelum berkunjung atau memeriksakan diri ke dokter THT, ada baiknya Anda mempersiapkan apa saja yang hendak diinfokan ke dokter. Anda sebaiknya mengingat berapa kali dengungan terjadi, apakah ada faktor sekitar yang mengakibatkan dengingan terjadi atau tidak, dan lain sebagainya. Semakin banyak informasi maka semakin baik, dan Anda jangan ragu untuk menyampaikannya kepada dokter. Karena Anda sudah membayar dokter tersebut untuk jasanya, dan akan sangat disayangkan apabila pada akhirnya pengobatan yang diberikan salah karena informasi yang kurang lengkap.

Pengaruh obat-obatan
Ternyata konsumsi obat-obatan yang sedang Anda jalani itu juga bisa mempengaruhi pemeriksaan dokter. Jika Anda sedang konsumsi obat-obatan tertentu, Anda sebaiknya memberitahukan jenis obat-obatan tersebut kepada dokter. Penyakit Tinnitus ini juga dapat terjadi di telinga karena tubuh tak cocok dengan beberapa macam obat. Sebenarnya tak hanya obat saja, melainkan juga bisa berupa suplemen. Beberapa suplemen yang kurang cocok dapat mengakibatkan penyakit Tinnitus semakin parah. Untuk kasus obat-obatan, semakin tinggi dosis dari obat tersebut, maka semakin beresiko. Tak hanya itu, bahkan beberapa obat juga terbukti bisa mengakibatkan penyakit Tinnitus yang diderita menjadi semakin parah.

Yang berikutnya adalah Musculoskeletal atau dikenal juga dengan otot tulang kepala, ini juga bisa menjadi pemicu penyakit Tinnitus telinga berdenging pada seseorang. Gertakan gigi, cedera, serta pengepalan rahang itu bisa mengakibatkan kekakuan di otot leher. Yang pada akhirnya akan menjadi penyakit Tinnitus. Biasanya cara pengetesan yang dilakukan oleh dokter THT terkait Musculoskeletal adalah dengan meminta Anda mengencangkan otot rahang atau otot leher, kemudian Anda diminta bersuara. Dokter akan melihat apakah terdapat perubahan pada suara atau tidak. Jika otot tegang menjadi faktor penyebab Tinnitus, Anda harus menjalani yang namanya terapi pijat. Terapi pijat dilakukan dengan maksud untuk menjadikan otot kembali kendur dan tak tegang lagi seperti sebelumnya.

Tinnitus ini harus segera disembuhkan. Jika tidak, bisa menjadi gangguan pendengaran yang parah. Bahkan jika sudah terlalu lama, bisa mengakibatkan gangguan pendengaran yang bersifat permanen. Itulah semua mengenai tindakan tepat ketika telinga berdenging, semoga lekas sehat.

Tindakan Tepat Ketika Telinga Berdenging Waspada Penyakit Tinnitus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gunawan A.P