Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Friday, May 22, 2015

Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan untuk Kesehatan

Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan - Berat badan yang berlebihan (obesitas) akan memicu munculnya beberapa penyakit yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, bobot tubuh yang berlebih akan membuat si pemilik tubuh merasa minder dan tidak percaya diri untuk tampil di depan umum dan di lingkungan tempat dia bekerja dan bergaul. Seseorang dikatakan obesitas jika memiliki kelebihan berat > 20% berat tubuh idealnya.

Beberapa penyakit yang bisa timbul karena kelebihan berat badan, diantaranya adalah:
  1. Tekanan darah tinggi 
  2. Serangan jantung. Lemak dalam tubuh akan menutupi pembuluh darah jantung dan menyumbatnya, kondisi ini bisa menimbulkan serangan jantung koroner 
  3. Gagal jantung 
  4. Diabetes tipe 2 yang akan muncul saat dewasa 
  5. Kanker jenis tertentu seperti kanker usus besar dan kanker prostat 
  6. Asam urat. Penyakit ini menyerang sendi yang disebabkan kelebihan zat purin di daerah sendi. 
  7. Kolesterol tinggi.  Kegemukan akan menyebabkan kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi dibandingkan kolesterol baik (HDL) yang akan menyebabkan penyakit kardiovaskuler dan stroke 
  8. Sleep apnea, yaitu berkurangnya kadar oksigen dalam darah dikarenakan terhambatnya pernapasan, kondisi ini ditandai dengan mengorok saat tidur dan sulit untuk tidur nyenyak 
  9. Osteoarthritis. Tubuh yang gemuk akan memberi beban pada sendi karena harus menopang berat badan yang berlebih.

Banyak faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami kelebihan berat badan, selain faktor genetika, faktor lingkungan juga mempengaruhi seseorang untuk menjalani hidup tidak sehat dan menyebabkan kegemukan. Apa saja yang bisa memicu seseorang untuk memiliki kelebihan berat badan? 
  1. Faktor genetika, Orangtua yang gemuk cenderung akan menurunkan anak yang gemuk. Walaupun peran genetika ini hanya berkisar antara 25%-30%, namun pola makan orangtua akan menurun pada anaknya, sehingga anak menjadi gemuk karena faktor genetika sekaligus pola makan orangtuanya 
  2. Faktor lingkungan, Bermunculannya restoran cepat saji, iklan-iklan yang menawarkan makanan instant dan kurangnya aktivitas fisik di perkotaan membuat seseorang terpengaruh menjalani hidup yang simpel dan kurang gerak, hal-hal tersebut akan membuat seseorang menjadi mudah gemuk dan menjalani hidup yang tidak sehat. 
  3. Faktor psikologis, Seseorang yang tertekan atau stres akan mengalihkan masalahnya dengan cara menambah porsi makanannya dan ngemil makanan tidak sehat.
Agar dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang ditimbulkan oleh kelebihan berat badan, berikut ini tips dan cara menurunkan berat badan yang dapat membantu seseorang memperoleh berat badan ideal sekaligus menjadi lebih sehat dan bugar.

1. Awali hari dengan minum air putih
Saat bangun tidur di pagi hari, minumlah 1-2 gelas air putih hangat untuk ‘membangunkan’ dan menyegarkan tubuh setelah istirahat malam. Minum air putih sebelum makan, akan membuat perut kita penuh sehingga kita tidak akan makan secara berlebihan. Sebaiknya seseorang yang sedang menjalani diet, 

mengkonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari, selain tidak memiliki kalori, air putih juga akan mengenyangkan dan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi yang akan memperbaiki metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran lemak.

2.    Jangan lewatkan sarapan
Melewatkan sarapan hanya akan membuat kita makan berlebih pada siang hari. Sarapan pagi yang kaya akan serat dan gizi akan memberikan energi yang cukup sampai saat makan siang, sehingga porsi makan siang tetap terjaga.

3.    Mengurangi porsi makanan
Lakukan diet sehat dengan cara mengganti makanan berlemak (yang biasanya dimasak dengan cara di goreng atau menggunakan santan),  menjadi makanan sehat yang kaya protein, kaya serat dan kaya karbohidrat kompleks (beras merah, gandum, oatmeal, cereal) yang akan membuat kita kenyang cukup lama. Bagilah waktu makan menjadi 4-5 kali sehari dengan porsi makanan yang kecil, tujuannya adalah agar tubuh tidak cepat memberi tanda ‘lapar’ dan perut menjadi terbiasa dengan porsi makan yang lebih sedikit.

4.    Hindari stres
Seseorang yang mampu mengendalikan stres akan mampu menjalankan pola hidup sehat dengan baik

5.    Cukup istirahat
Normalnya seseorang membutuhkan waktu tidur selama 8 jam sehari. Tubuh yang kurang istirahat akan meningkatkan kadar gula dalam darahnya yang pada akhirnya akan membuat seseorang menjadi cepat lapar.

6.    Rajin olahraga
Olahraga akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Program diet akan lebih sukses dijalankan jika selain mengurangi porsi makan, kita juga meningkatkan aktivitas fisik sehingga tubuh akan lebih kencang, bugar dan sehat.

Tips Ampuh menurunkan berat badan, sebenarnya sederhana, selama kalori yang masuk ke dalam tubuh kita lebih sedikit dibandingkan kalori yang kita keluarkan, maka berat badan akan turun karena tubuh akan mengambil cadangan lemak berlebih dalam tubuh untuk beraktivitas.

Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi