Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Friday, May 22, 2015

Manfaat Buah Manggis dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Manfaat dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis - Buah manggis (garcinia mangostana) adalah buah asli Indonesia, memiliki kulit berwarna merah keunguan, rasanya manis dan kaya akan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Buah ini juga bersifat antiinflamasi sehingga dapat mengurangi gejala peradangan dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini dan memicu munculnya beberapa penyakit seperti gejala kanker, alzheimer dan kardiovaskuler.

Selain buahnya yang enak dimakan dan bermanfaat untuk tubuh, kulit buah manggispun memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya. Dalam kulit manggis terkandung xamthone yang merupakan senyawa polyhenolic dimana senyawa ini dapat membasmi sel-sel kanker dan sel penyakit berbahaya lainnya. Senyawa polyhenolic  yang terdapat dalam buah manggis memiliki banyak sifat yang baik bagi kesehatan seperti antidiabetes, antifungi, anti peradangan, antibakteri, antikanker, antiplasmodial, meningkatkan kekebalan tubuh dan berbagai khasiat baik lainnya

Kulit manggis memiliki 75 manfaat untuk kesehatan secara umum diantaranya adalah: memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah kanker, membantu penurunan berat badan, meringankan wasir, membantu menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan demam, mengatasi sesak napas, meringankan penyakit asma, meringankan radang tenggorokan, membantu menyembuhkan sariawan, menyembuhkan kerusakan urat syaraf, menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin, membantu menyembuhkan luka, baik untuk kesehatan otot dan sendi, mengurangi migrain dan juga membantu meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres.

Bagi kesehatan jantung, kulit manggis bermanfaat memperkuat pembuluh darah, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk kesehatan pencernaan, kulit manggis juga membantu menghentikan diare, mencegah disentri, meringankan peradangan usus besar dan kecil, meringankan sakit perut, mengatasi keracunan makanan dan sebagai obat pencuci perut yang lembut.

Kulit manggis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita, seperti mengurangi keluhan menjelang haid, meringankan kesulitan buang air kecil, meringankan gejala menopause, memperlambat proses penuaan dan meringankan sakit akibat menurunnya kepadatan tulang.

Selain hal-hal tersebut di atas,  masih banyak manfaat kulit manggis bagi kesehatan seluruh keluarga, misalnya: mengurangi sakit gigi, membentuk tulang dan gigi yang kuat pada anak, menghilangkan jerawat dan cacat pada kulit, menghilangkan bekas gigitan, terbakar juga keracunan, meringankan keseleo bahkan mampu meningkatkan mood dan mengurangi depresi.

Kulit manggis memiliki rasa sepat dan agak pahit, sehingga jika kita mengkonsumsi secara langsung akan membuat kita yang tidak menyukai rasa pahit, akan menghindari untuk mengkonsumsinya. Ada beberapa cara mengolah kulit manggis agar dapat dikonsumsi dengan mudah. Cara pertama adalah dengan merebus kulit manggis tersebut dan meminum air rebusannya secara langsung. Agar rasanya lebih nikmat, bisa ditambahkan sedikit madu atau gula. Cara kedua adalah dengan cara mengeringkan kulit manggis yang sudah dipotong kecil-kecil di bawah sinar matahari. Perlu diperhatikan agar tempat penyimpanan kulit manggis kering ini tidak lembab sehingga tidak memunculkan jamur yang dapat membahayakan kesehatan kita. Cara mengkonsumsinya cukup diseduh dengan air panas seperti kalau kita menyeduh teh dan bisa dinikmati dengan tambahan gula atau madu. Cara ketiga adalah dengan mengolah kulit manggis dalam bentuk jus.
 
Langkah membuat jus kulit manggis untuk kesehatan adalah sebagai berikut
 
1.    Siapkan 2-5 kulit manggis yang masih segar dan cuci bersih. Jumlah kulit manggis yang akan dibuat jus sebenarnya tidak harus sejumlah tertentu, namun makin banyak kulit manggis yang dibuat jus, maka makin bagus kandungan jus tersebut.
 
2.    Ambil daging dari kulit manggis dengan menggunakan sendok. Ambilah daging dari kulit manggis tersebut yang berwarna keunguan karena daging manggis yang ada bercak hitam biasanya memiliki rasa pahit.
 
3.    Masukkan daging kulit manggis ke dalam blender, tambahkan air matang secukupnya sesuai selera agar jus manggis tidak terlalu kental atau terlalu encer.
 
4.    Tambahkan gula, susu kental manis atau madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit dan sepat dari kulit manggis tersebut.
 
5.    Blender kulit manggis dengan bahan pendukungnya sampai betul-betul halus.
 
6.    Tuangkan ke dalam gelas kemudian sajikan dengan es batu untuk menambah kesegarannya.
 
Manfaat dan cara membuat jus kulit manggis untuk kesehatan tersebut di atas sangat mudah,  sederhana dan waktu yang dibutuhkan juga tidak banyak, namun manfaat yang bisa diperoleh sangat besar.
Selamat mencoba.

Manfaat Buah Manggis dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi