Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Wednesday, May 27, 2015

Tips Mengukur Berat Badan Ideal yang Benar

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal - Siapa yang tidak ingin tampil menarik dengan berat badan proporsional? Bagi pria maupun wanita, memiliki tubuh proporsional akan meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil di lingkungan kerja dan di lingkungan pergaulannya. Tidak sedikit produk-produk pelangsing yang ditawarkan di pasaran mulai dari bentuk pil sampai makanan pengganti, namun untuk memiliki tubuh langsing, indah dan proporsional, tidak ada cara yang instant, semuanya melalui proses yang membutuhkan waktu, disiplin dan kesabaran.
Selain produk-produk pelangsing yang banyak beredar di masyarakat, studio senam dan fitness centre juga tumbuh menjamur di banyak lokasi untuk mendukung proses pembentukan tubuh agar menjadi indah dan proporsional. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi langsing dan sehat. Bagi yang memiliki dana berlebih, mendatangi slimming centre akan menjadi pilihan ternyaman karena mereka menggunakan krim-krim dan alat-alat yang kabarnya dapat membantu menghancurkan lemak yang tersembunyi di bawah kulit. Ingin lebih cepat langsing? Operasi sedot lemak cukup ampuh menghilangkan lemak berlebihan di bagian tubuh tertentu. Namun kabarnya, biaya yang dibutuhkan untuk operasi ini mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Sebenarnya untuk menjadi langsing dan memiliki bentuk tubuh proporsional caranya mudah, hanya dengan mengatur pola makan dan memperbanyak kegiatan yang dapat membantu pembakaran lemak berlebih. Jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang dikeluarkan, maka tubuh akan menggunakan cadangan lemak dalam tubuh untuk membakar kalori yang dibutuhkan untuk beraktifitas.

Pilihlah jenis makanan yang rendah lemak namun memiliki gizi yang baik agar tubuh tidak menjadi lemas. Tingkatkan kegiatan fisik seperti berolahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu. Makin sering olahraga dilakukan, makin banyak kalori yang bisa dibakar, dan makin langsing tubuh kita.

Indikator yang bisa dijadikan pegangan untuk melihat keberhasilan diet yang kita lakukan adalah dengan mengukur berat badan. Berat badan ideal untuk tiap orang akan berbeda tergantung tinggi badannya dan jenis kelamin. Ada beberapa cara mudah menghitung berat badan ideal yang umum digunakan. 
Cara pertama adalah menggunakan rumus BMI (Body Mass Index) atau Indeks Massa Tubuh. Rumus yang digunakan adalah:

BMI = Berat badan (kg)/ {Tinggi badan (m) X Tinggi badan (m)}
Menurut WHO (World Health Organization) , jika:

BMI < 18,5 dikategorikan sebagai underweight
BMI 18,5 - 22,9 = berat badan ideal
BMI 23 - 24,9 = berat badan ideal namun mulai harus berhati-hati
BMI 25 – 29,9 = batas awal obesitas
BMI > 30 dikategorikan sebagai obesitas

Contohnya, jika seseorang memiliki tinggi badan 160 cm dengan berat badan 60 kg, maka dia dikategorikan memiliki berat badan ideal karena hasil perhitungan BMI adalah:
60/(1,6X1,6) = 60/2,56 = 23,4375

Cara kedua adalah menggunakan rumus Brocha. Rumus ini membedakan cara menghitung berat badan pria dan wanita. Rumus menghitung berat badan ideal untuk wanita adalah:

{Tinggi badan (cm) – 100} – {15% X (Tinggi badan (cm)-100)}
Rumus menghitung berat badan untuk pria adalah:

{Tinggi badan (cm) – 100} – {10% X (Tinggi badan (cm)-100)}
Contohnya, jika seseorang wanita memiliki tinggi badan 165 cm, maka berat badan ideal untuknya adalah: {160-100}-{15%X60} = 60 – 9 = 51 kg

Cara mudah menghitung berat badan ideal yang ketiga adalah dengan rumus konvensional

1.    Berat badan ideal untuk bayi (0-12 bulan)
{Umur (bln)/2} + 4

2.    Berat badan ideal untuk anak ( 1- 10 tahun)
{Umur (thn) X 2} + 8

3.    Berat badan ideal untuk remaja dan dewasa
(Tinggi badan (cm) -100) X 90%

Contohnya, jika seorang anak berusia 9 tahun, maka sebaiknya dia memiliki berat badan sebanyak:
(9 X 2) + 8 = 18 + 8 = 26 kg

Dengan mengetahui cara mudah untuk menghitung berat badan ideal, Anda dapat menghitung berapa berat badan ideal untuk Anda dan jika berat badan Anda sudah dikategorikan ideal, maka Anda hanya perlu menjaganya agar tidak menjadi overweight dengan pola makan sehat dan diimbangi dengan olahraga yang cukup. Tidak rugi kan memiliki berat badan ideal dan tetap sehat dan bugar?.

Tips Mengukur Berat Badan Ideal yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi