Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Monday, September 15, 2014

Cara Memutihkan Kulit Ketiak Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit Ketiak - Kulit ketiak yang berwarna gelap akan mengurangi kepercayaan diri wanita untuk tampil modis. Warna ketiak yang gelap memberi kesan kotor dan tidak terawat, yang pasti juga menjadi pemandangan yang kurang indah dilihat. Meskipun letaknya tersembunyi, wanita yang suka tampil modis akan membatasi model pakaian yang tidak menunjukan ketiaknya.

Sebuah penelitian mengungkapkan, 80 % wanita enggan mengangkat tangan, karena malu dengan kulit ketiak mereka. Sebenarnya apakah yang menyebabkan kulit ketiak berwarna gelap? Berikut ini adalah beberapa  faktor penyebabnya kulit ketiak wanita menjadi gelap.
 

Mencukur ketiak
Saat mencukur bulu ketiak menggunakan alat cukur secara langsung, alat cukur tersebut bisa melukai kulit ketiak dan menyebabkan iritasi yang membuat kulit ketiak menjadi gelap
 
Terbentuknya sel kulit mati
Area hitam disekitar kulit ketiak disebabkan oleh kulit mati yang terjebak di mikroskopis dalam kulit.
 
Penggunaan deodorant
kandungan yang terdapat dalam  deodorant bisa bereaksi terhadap kulit yang menyebabkan perubahan warna pada kulit. 

Kondisi kesehatan yang disebut acanthosis nigricans
Orang yang memiliki gangguan kelenjar atau kelebihan berat badan akan menyebabkan adanya warna coklat muda hingga hitam di daerah leher, ketiak dan lipatan  paha. Hiperpigmentasi


Cara Memutihkan Kulit Ketiak

Cara Memutihkan Kulit Ketiak

Kondisi ini adalah kondisi dimana kulit memproduksi pigmen melamin secara berlebihan.

Dengan mengetahui faktor penyebab ketiak menjadi gelap, kita bisa melakukan pencegahan agar bisa meminimalkan terjadinya ketiak yang gelap. Salah satu sebab kulit ketiak menjadi gelap adalah mencukur bulu ketiak, berikut ini adalah tips mencukur bulu ketiak yang benar untuk mencegah ketiak berubah warna dan pori-pori terlihat membesar.
 
1.    Cukur setelah mandi pagi
 
Setelah mandi, kulit menjadi lentur dan bulu-bulu ketiak lembut sehingga saat pencukuran, kulit di ketiak tidak ikut terangkat karena kulit ketiak yang terangkat akan menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap.
 
2.    Jangan Mencukur Sebelum Berenang
 
Pori-pori kulit setelah dicukur masih terbuka dan ketika kulit terkena kaporit dari kolam renang dan air asin dari pantai akan membuat kulit berubah warna.
 
3.    Jangan Langsung Pakai Deodoran
 
Setelah pencukuran, jangan langsung pakai deodorant, karena akan membuat kulit teriritasi, diamkan beberapa jam (1 atau 2 jam) dulu.
Untuk mengatasi kulit ketiak yang berwarna gelap, berikut ini cara memutihkan kulit ketiak menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita,
 
Lemon
Aplikasikan jus lemon yang diberi sedikit bubuk kunyit pada ketiak, biarkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.
Cara lainnya adalah dengan menggosokkan lemon yang telah dibagi menjadi dua selama 5 hingga 10 menit pada ketiak.
 
Baking soda
Kandungan baking soda memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati dan memutihkan kulit. Caranya cukup dengan menggosokkan baking soda pada saat mandi secara teratur.
 
Minyak kelapa dan kulit jeruk
Caranya, blender kulit jeruk yang telah diberikan tetesan minyak kelapa. Jangan diblender terlalu halus, biarkan butirannya masih terasa kasar, lalu gosokkan pada kulit ketiak.
 
Gosok dengan batu apung
Saat mandi, gosok batu apung pada ketiak yang sudah diberi sabun.
Selain cara-cara alami seperti tersebut di atas, ada cara memutihkan kulit ketiak dengan cara yang lebih praktis, seperti,.
 
1.    Waxing
 
Waxing selain menghilangkan bulu ketiak, cara ini juga mengangkat kulit mati di ketiak sehingga kulit ketiak kelihatan lebih bersih.
 
2.     Exfoliating
 
Bersihkan ketiak menggunakan butiran scrub. Jika dilakukan secara rutin, akan mengembalikan warna asli kulit karena scrub bisa mengangkat sisa deodorant dan kulit mati.
 
3.    Pakai Sunblock
 
Sunblock yang mengandung SPF juga bisa digunakan untuk melindungi kulit ketiak dari sinar matahari.
 
4.    Krim Pencerah
 
Oleskan krim pencerah yang mengandung hydroquinone. Bahan tersebut dapat mencerahkan kulit sekaligus berfungsi  menghambat pembentukan melanin.
 
5.    Ganti Deodoran
 
Deodorant mengandung alumunium salt yang berfungsi sebagai penghilang bau badan dan menyerap keringat. Namun kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi gelap. Sebaiknya gunakan deodorant yang mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin C dan E yang dapat mencerahkan kulit.
 
6.    Gunakan bedak anti jamur
Gunakan bedak anti jamur atau baking soda sebagai pengganti deodprant, kedua bahan tersebut dapat melindungi kulit ketiak dan terhindar dari bahan kimia.



Nah, itulah beberapa cara memutihkan kulit ketiak secara alami yang akan dapat membantu anda mengatasi kulit ketiak anda yang tidak bersih dan hitam.

Cara Memutihkan Kulit Ketiak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kataladies.com