Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Friday, September 12, 2014

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Cara Mengatasi Wajah Berminyak - Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada yang berkulit kering, normal, berminyak atau kombinasi. Salah satu jenis kulit yang akan dibahas disini adalah jenis kulit berminyak. Kulit berminyak adalah kulit yang memiliki kelenjar lemak yang memproduksi minyak secara berlebihan dibandingkan jenis kulit lainnya. Ciri- cirinya adalah wajah terlihat mengkilap, make up tidak akan bertahan lama, mudahnya timbul jerawat karena kotoran mudah menempel di kulit. Keuntungan memiliki kulit berminyak adalah kulit terjaga kelembabannya sehingga keriput lambat munculnya dibandingkan mereka yang mereka memiliki kulit kering.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Untuk mengatasi masalah yang bisa ditimbulkan karena produksi minyak yang berlebih di wajah, perlu diketahui faktor penyebabnya terlebih dahulu. Faktor-faktor yang membuat kulit lebih berminyak adalah:
 
1.    Faktor keturunan
 

Kondisi kulit berminyak yang disebabkan faktor keturunan hampir mustahil untuk diubah tapi Anda bisa meminimalisir faktor-faktor yang bisa meningkatkan produksi minyak.
 
2.    Siklus Menstruasi
 
Kulit berminyak dapat disebabkan oleh siklus menstruasi karena saat menstruasi, wanita akan memproduksi hormon yang akan membuat kulit menjadi lebih berminyak.
 
3.     Stres
 
Saat stres, tubuh Anda akan memproduksi kortisol yang mengakibatkan kelenjar minyak di tunuh Anda berproduksi lebih aktif. 
 
4.    Cuaca
 
Cuaca yang panas dan lembab akan menyebabkan kulit jadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman dibandingkan saat cuaca dingin.
 
5.    Kosmetik
 
Penggunaan kosmetik yang berlebihan bisa membuat minyak terperangkap di bawah kulit dan menimbulkan jerawat.
 
Supaya kulit berminyak terjaga kesehatannya dan tidak menimbulkan masalah pada wajah, maka perlu diperhatikan cara mengatasi wajah berminyak, sebagai berikut:
 
1.    Rajin dibersihkan menggunakan susu pembersih (milk cleanser) dan peringkas kulit (toner) yang 
khusus untuk kulit berminyak.
Kotoran yang berasal dari debu dan keringat sangat mudah menempel pada kulit berminyak, sehingga terjadi penyumbatan pori-pori yang berakibat pada timbulnya jerawat. Bersihkan wajah sehari dua kali terutama saat malam menjelang tidur dengan susu pembersih dan toner
 
2.    Melakukan peeling atau facial scrub
 
Kulit berminyak lebih cenderung menmbun lemak,  sehingga untuk menguranginya kita harus mengurangi timbunan lemak dengan cara melakukan peeling seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran kulit yang tidak bisa dihilangkan dengan pembersih biasa.
 
3.    Jauhi makanan yang mampu memicu lemak pada kulit wajah.
 
Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang menyehatkan akan membuat kulit wajah lebih segar dibandingkan jika mengkonsumsi makanan berlemak.
 
4.    Selalu sedia kertas hisap (blotting paper)
 
Kertas hisap mampu mengurangi kadar minyak di kulit wajah sehingga kesan wajah yang mengkilap bisa tearatasi. Caranya, tekan kertas hisap di wajah yang berminyak seperti di hidung, dahi, dagu dan pipi selama beberapa detik.
 
Selain cara mengatasi wajah berminyak seperti tersebut di atas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, seperti
 
1.    Jeruk Nipis.
 
Ambil 2 buah jeruk nipis, masing-masing potong menjadi 2, peras airnya, dan gunakan jeruk yang sudah di peras itu untuk menggosok kulit wajah dengan perlahan dan merata. Tunggu selama kurang lebih 15-20 menit, kemudian bilas wajah dengan air. Lakukan secara rutin seminggu satu kali sampai terlihat hasilnya.
 
2.    Mentimun.
 
Blender mentimun dan gunakan sebagai masker selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Lakukan 2 kali dalam seminggu
 
3.    Masker apel
 

Siapkan 1 buah apel kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Tambahkan madu dan aduk hingga merata. Kemudian masukan ke dalam lemari es dan diamkan selama 15 menit. Gunakan campuran tersebut sebagai masker, diamkan masker apel di wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat dan lanjutkan bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin seminggu satu kali.
 
4.    Air Garam.
 
Ambil garam secukupnya dan masukan ke dalam air hangat, aduk hingga garam larut dalam air. Kemudian cuci muka dengan air campuran tersebut. Lakukan setiap hari.
 

Perawatan untuk kulit berminyak harus dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan, karena perawatan yang berlebihan juga akan membuat kulit malah menjadi kering dan teriritasi.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kataladies.com