Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Friday, September 5, 2014

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Cara Menghitamkan Rambut - Beberapa tahun terakhir ini, masyarakat Indonesia menginterpretasikan wanita yang cantik adalah wanita yang bertubuh tinggi langsing, berkulit putih bersih, dan memiliki rambut tebal, hitam dan panjang. Perhatikan saja iklan-iklan mengenai produk kecantikan yang bertebaran di media cetak maupun di televisi. Mulai dari iklan sabun pembersih wajah sampai pelembab yang bisa memutihkan wajah dalam 6 minggu. Juga iklan shampo yang katanya bisa membuat rambut kelihatan lebih lurus, hitam dan berkilau.

Cara Menghitamkan Rambut

Cara Menghitamkan Rambut


Karena rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita, maka berbagai usaha akan dilakukan para wanita untuk bisa memperoleh rambut yang diidam-idamkan. Mulai dari mencari produk yang bisa mewujudkan keinginan mereka sampai mengeluarkan ratusan ribu rupiah untuk melakukan perawatan rambut di salon-salon kecantikan.

Apa saja sih yang bisa membuat rambut menjadi merah dan tidak sehat? Faktor-faktor penyebab rusaknya warna rambut adalah:
 

1.    Sering terkena sinar matahari langsung
Banyak melakukan aktivitas di luar rumah dan di bawah matahari tanpa penutup kepala, akan membuat rambut menjadi merah, kusam dan kering.
 

2.    Menggunakan shampo sembarangan
Terkadang kita terpengaruh oleh  iklan shampo di televisi yang menjanjikan rambut menjadi lebih indah. Kita cenderung ingin mencoba karena tertarik dengan promosinya. Namun jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan, maka kita cenderung akan mengganti dengan produk yang lain. Bukannya menjadi sehat, rambut malah menjadi makin rusak.
 

3.    Faktor genetik
Faktor genetik memegang peranan utama dalam menentukan jenis rambut seperti apa yang kita miliki
 

4.    Sering di rebonding atau di catok
Proses pencatokan dan rebonding, menggunakan alat yang bersifat panas. Jika dicatok dan di rebonding terus menerus, maka helaian rambut akan menjadi rusak.
 

5.    Terlalu sering mewarnai rambut
Rambut yang sering diwarnai, akan membuat rambut menjadi kering dan kusam.
 

Cara sehat untuk memperoleh rambut yang hitam, tebal dan sehat, adalah perawatan dengan bahan-bahan alami yang akan mengurangi bahan-bahan kimia yang akan memperburuk kondisi kesehatan rambut. Berikut ini, adalah cara menghitamkan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang banyak tersedia di sekitar kita.

Lidah buaya
Gel pada daging lidah buaya ternyata tidak hanya bisa mencegah rambut rontok, namun gel tersebut memiliki kemampuan untuk menghitamkan rambut dan memperbaiki rambut yang kusam serta bercabang.
 

Oleskan gel yang terdapat pada lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 15 menit, kemudian cucilah rambut sampai bersih.
 

Alpukat
Siapkan alpukat, minyak zaitun dan santan. Mula-mula, alpukat dihancurkan, kemudian tambahkan minyak zaitun dan santan secukupnya. Masukkan ke dalam microwave selama 20 detik, kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan pemijatan lembut selama beberapa detik, kemudian diamkan sampai ramuan tersebut meresap ke dalam kulit kepala. Diamkan beberapa menit kemudian cuci rambut sampai bersih.
 

Biji buah pepaya
Biji pepaya mengandung glucoside cacirin dan carpain yang dipercaya dapat membantu menghitamkan rambut. Caranya, ambillah biji pepaya secukupnya, lalu digoreng tanpa minyak, setelah itu ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air, kemudian oleskan secara merata di rambut dan kulit kepala. Tunggu sampai kering kemudian bilaslah sampai bersih.
 

Teh basi
Teh basi adalah bekas seduhan teh yang sudah direndam beberapa jam. Cara menggunakannya, adalah dengan cara membasahi kulit kepala dan rambut dengan air bekas seduhan teh tersebut di saat akan tidur, diamkan semalaman, dan bersihkan keesokan harinya.
 

Kangkung
Ambil seikat kangkung, rebus kangkung sampai matang. Dinginkan air hasil rebusan daun kangkung tersebut, lalu gunakan untuk membilas rambut. Diamkan sejenak, kemudian bersihkan rambut dengan shampo yang cocok untuk rambut Anda
Minyak kemiri
Ambillah 350 gr kemiri kemudian tumbuk sampai halus, campur dengan satu gelas air kemudian dimasak sampai mendidih. Buang ampasnya dan diamkan air rebusan kemiri tersebut hingga mengental. Oleskan pada rambut saat ramuan tersebut sudah dingin.


Selain melakukan perawatan rambut, ada baiknya kita tetap menjaga rambut kita agar usaha yang telah kita lakukan tidak sia-sia, seperti misalnya: menjaga rambut agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, jangan berganti-ganti merk shampo, hindari proses pencatokan atau rebonding, gunakan vitamin rambut setiap habis keramas, rapikan ujung rambut yang bercabang dan jauhi stres.

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kataladies.com