Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Saturday, September 6, 2014

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah - Bibir dan mata adalah bagian tubuh  yang selalu menjadi pusat perhatian jika kita sedang berbicara dengan seseorang. Bibir yang sehat  terawat akan menambah kecantikan seorang wanita tidak peduli seperti apa bentuk bibirnya. 

Dahulu bentuk bibir tipis menjadi idaman banyak wanita karena dianggap membuat wajah menjadi lebih cantik, namun dimasa kini,  bentuk bibir yang tebal seperti artis Amerika Kerry Washington malah dianggap seksi dan cantik. Namun bentuk bibir yang tebal atau tipis tidak akan kelihatan menarik jika bibir tidak terawat dengan baik.  Bibir yang kering dan pecah-pecah akan memperburuk penampilan, secantik apapun wajah kita, kondisi bibir yang seperti itu akan mengurangi kecantikan.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering


Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah, diantaranya adalah:

1.    Alergi
2.    Dehidrasi atau kekurangan cairan
3.    Bernafas melalui mulut
4.    Mengkonsumsi jenis obat tertentu
 

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah cara mengatasi bibir kering dan pecah ;

1.    Jauhi minuman asam
Minuman asam akan membuat bibir teriritasi dan luka
 

2.    Jauhi makanan asin
Makanan asin akan cenderung menyerap air dalam tubuh dan hal itu akan memperburuk kondisi bibir yang kering
 

3.    Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat seperti buah dan sayur akan membuat tubuh menjadi sehat dan segar sehingga kulit menjadi lembab.
 

4.    Banyak minum air putih
Bibir kering dan pecah mengindikasikan tubuh kita kekurangan cairan. Minumlah air putih 6-8 gelas sehari agar tubuh menjadi segar dan bibir terhindar dari kering dan pecah.
 

5.    Minum multivitamin
Minumlah multivitamin lengkap yang dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjaga kesegaran kulit.
 

6.    Lakukan scrub bibir
Buat campuran dari gula dan sedikit air, gosok-gosok dengan lembut pada bibir yang kering dan biarkan kulit mati pada bibir terangkat.
Menggosok bibir juga bisa menggunakan sikat gigi yang berbulu halus, lakukan pada bibir yang sudah dibasahi dengan air sehingga kulit mati pada permukaan bibir bisa terangkat.
 

7.    Jangan menjilat bibir saat bibir kering dan pecah
Ludah akan mudah menguap dan memperburuk kondisi bibir yang kering dan pecah selain itu, ludah juga mengandung enzim yang akan membuat bibir menjadi lebih kering.
 

8.    Gunakan lip balm
Gunakan lip balm yang mengandung Linseed (flaxseed), extract (ekstrak biji rami) atau Linseed oil (minyak biji rami). Kandungan tersebut akan melembabkan kulit sehingga kulit terasa halus dan lembut. Kandungan Cranberry-seed oil juga baik untuk kelembaban dan memiliki antioksidan yang baik untuk kulit.
 

9.    Jangan gunakan lipstik saat bibir kering dan pecah
Lipstik akan membuat bibir menjadi kering dan kasar. Jika kita memaksakan diri untuk menggunakan lipstik, maka bibir yang kering dan pecah akan kelihatan lebih jelas dan menjadi pemandangan yang tidak menarik di wajah kita.
 

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bibir kering dan pecah, seperti:
 

1.    Madu
Madu adalah pelembab alami yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi kulit. Oleskan madu pada bibir yang kering sambil dipijat perlahan.
 

2.    Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak yang baik untuk melembabkan bibir kering, selain itu, minyak kelapa juga bisa mengatasi bibir yang hitam atau gelap.
 

3.    Ekstrak lidah buaya
Lidah buaya tidak hanya baik untuk mengatasi rambut rontok, namun ekstraknya juga baik untuk mengobati bibir kering dan pecah
 

4.    Timun
Timun kaya akan kandungan air yang dapat memberikan kelembaban pada bibir. Selain melembabkan, timun juga mampu menghaluskan bibir. Caranya potong tipis2 ketimun, kemudian letakkan di bibir yang kering sambil ditekan-tekan agar sari timun keluar. Minyak zaitun
 

5.    Wortel
Ambil sebuah wortel segar, parut dan saring, kemudian ambil ampasnya lalu oleskan ampas wortel tersebut pada bibir yang kering. Lakukan setiap hari agar bibir yang kering segera teratasi.
 

6.    Kelopak mawar dan gliserin
Tumbuklah kelopak bunga mawar, tetes dengan gliserin, kemudian oleskan pada bibir yang kering sebelum tidur.
 

Lakukan perawatan seperti yang tersebut di atas secara rutin, maka masalah bibir kering dan pecah bisa diatasi.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kataladies.com