Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, March 26, 2015

Tips Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Buah duku bukanlah buah asing di masyarakat Indonesia, dan saat ini buah duku sedang musimnya sehingga buah ini mudah  sekali mendapatkannya. Buah duku menjadi favorit di masyarakat karena mempunyai rasa yang manis, dan buah ini mirip sekali dengan buah langsat, namun dari bentuk luarnya nampak perbedaannya, buah langsat rasanya asam.

Buah duku yang manis dan segar mengandung berbagai macam senyawa yang sangat berguna bagi tubuh seperti karbohidrat, macam macam vitamin, protein, lemak, mineral, zat besi, fosfor, kalium dan senyawa lainnya, buah duku juga ternyata memiliki manfaat buat kecantikan.

Selain rasanya yang manis buah duku ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, baik untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit. Nah untuk mengetahui manfaat buah duku dibawah ini akan dibahas manfaatnya :

Menjaga Kesehatan Gusi

Kandungan buah duku  banyak sekali mengandung vitamin D yang mempunyai manfaat tinggi untuk kesehatan gusi, menjaga kesehatan gusi sangat penting karena mempunyai peranan yang penting untuk proses pencernakan dalam mulut. Kesehatan gusi dalam mulut sangat rawan terhadap berbagai macam masalah seperti iritasi, sariawan maupun gusi berdarah,karena bila sedang menderita penyakit tersebut akan membuat kita menjadi malas makan sehingga membuat tubuh kekurangan nutrisi, dan untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin maka disarankan untuk secara rutin mengkonsumsi buah.

Menguatkan Gigi

Buah duku juga mengandung fosfor yang dapat menguatkan tulang dan gigi, selain manfaat tersebut juga dapat membantu mencegah penyakit  osteoporosis yang biasa terjadi pada usia lanjut.

Melancarkan Pencernaan


Dalam buah duku terdapat serat yang penting untuk turut melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan yang lancar akan dapat mencegah berbagai macam penyakit sembelit sampai pada penyakit kanker kolon, dimana penyakit ini timbul akibat kotoran yang menumpuk tidak bisa dikeluarkan.

Menjaga Kadar Kolesterol

Selain mengandung vitamin D buah duku juga mengandung banyak mengandung vitamin C, yang sangat berguna untuk tubuh dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Dan kolesterol yang terdapat dalam darah akan dapat memicu terjadinya berbagai masam masalah buat tubuh kita.

Mencegah Anemia

Buah duku efektif meningkatkan kadar sel darah merah sehingga akan dapat melancarkan suplay darah dalam tubuh, karena dalam buah duku mengandung zat besi yang penting untuk mengikat oksigen dengan mudah.

Dari manfaat tersebut diatas masih banyak lagi manfaatnya buat tubuh kita, dari bijinya buah duku dapat menyembuhkan penyakit malaria, bahkan kulinya pun bermanfaat juga untuk membunuh nyamuk yakni dengan membakar kulit duku.

Manfaat yang lain yang tak kalah pentingnya seperti dapat menurunkan berat badan karena buah duku mengandung senyawa carnitine yang mempunyai peran dalam membakar lemak dalam tubuh, buah duku juga dapat mencegah penuaan dini karena kandungan vitamin C sebagai anti oksidan untuk melawan bahaya radikal bebas. 

Nah itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah duku, untuk itu anda harus mengetahui banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita secara alami.

Tips Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi