Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Saturday, April 4, 2015

Tips dan Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Jika anda saat ini sedang mengalami kebahagiaan karena mengetahui bahwa dalam rumah tangga anda akan kehadiran di mungil segera terwujud, lengkap sudah kebahagiaan anda saat ini. Namun rupanya kebiasaan wanita yang sedang mengalami kehamilan masa muda pasti kebayang bagaimana repotnya menghadapi masalah yang timbul seperti rasa mual, pusing, muntah muntah hingga pada badan yang teras lemas karena kurangnya supan makanan.

Hal ini merupakan kebiasaan yang normal terjadi setiap masa masa muda kehamilan, walau tidak semua wanita mengalami kondisi yang demikian. Kondisi ini dapat terjadi karena kondisi hidup sang janin layaknya parasit dalam tubuh yang memperoleh makanan dari cadangan lemak sang ibu, dan bila cadangan lemak semakin berkurang maka terjadilah yang namanya mual mual. 
Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda
Untuk mengatasi kejadian yang demikian banyak dianjurkan para dokter untuk memakan barang sedikit agar makanan yang kita konsumsi dapat sebagai asupan sang janin untuk tumbuh, dan jika keadaan tersebut tidak membantu berikut ini kami punya solusi ampuh mengatasi mual saat hamil muda yaitu sebagai berikut :
  1. Lakukan dan biasakan makan sedikit sedikit tapi sering, karena jika makan terlalu banyak dapat juga menyebabkan rasa mual itu bertambah mual, usahakan saat anda terasa ingin makan, maka segerakan agar ada makanan yang selalu masuk walau sedikit, lakukan sesering mungkin demi sang janin yang membutuhkan asupan makanan juga.
  2. Anda harus pandai memilih makanan yang mengandung  karbohidrat dan protein tinggi, karena makanan jenis ini dapat membantu mengurangi rasa mual. Kemudian perbanyak makan buah dan sayuran seperti kentang, roti dan biskuit.
  3. Setiap anda bangun pagi usahakan jangan terburu buru lansung bangun, lakukan dengan terlebih dahulu duduk dan secara perlahan lahan bangun dan berdiri, bila mungkin makan makanan kecil terlebih dahulu sebelum bangunaDi pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu.
  4. Usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak , berminyak dan pedas karena jenis makanan ini akan semakin menambah rasa mual anda.
  5. Sering minum air putih secukupnya atau juice untuk menghindari dehidrasi akibat muntah, jauhkan dari minuman berkafein dan karbonat.
  6. Jika mengalami mual berat sebaiknya konsultasikan ke dokter anda dan mintalah Vitamin kehamilan yang cocok untuk anda, karena dalam vitamin mengandung folat yang dibutuhkan saat masa kehamilan. Biasanya dokter akan memberikan vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual.
  7. Untuk mengobati rasa mual dengan menggunakan resep tradisional seperti jahe juga mampu mengurangi rasa mual, dan jahe juga aman untuk ibu dan bayi, bahkan menurut penelitian di Australia Jahe merupakan obat tradisional yang bagus, bahkan berkat kemajuan jaman jahe juga dapat di buat seperti permen jahe untuk mempermudah mengkonsumsinya. 
  8. Banyaklah beristirahat yang cukup, karena dengan beristirahat dan relax akan mampu membantu rasa mual dan muntah anda. Hindari stress agar rasa muall anda tidak semakin memburuk, lakukan kegiatan sehari hari anda dengan santai seperti membaca, mendengarkan musik, agar anda bisa melupakan perasaan mual yang selalu timbul.
Jika rasa mual tersebut masih juga terjadi, dan anda tidak mau mengambil resiko hal hal yang tidak diinginkan, segeralah pergi kedokter terdekat anda untuk mengatasi keluhan anda.

Itulah tips yang dapat kami bagikan untuk anda yang sedang berusaha mengatasi masalah mual dan muntah akibat kehamilan yang masih muda. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Tips dan Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi