Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Saturday, June 27, 2015

12 Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kubis atau kol yang berbentuk bulat dan berwarna keputih putihan ini merupakan jenis sayuran yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bentuknya yang bulat ini merupakan bagian dari daun yang masih muda, dan dibuat sebagai sayuran sangat enak, daunnya berwarna hijau dan bagian dalamnya berwarna putih, pada bagian inilah yang biasa digunakan untuk dikonsumsi baik sebagai lalapan maupun sebagai sayuran sop dan tumis.


Sayuran kol ini jika di kupas tuntas ternyata mempunyai banyak kandungan di dalamnya seperti serat, mineral dan vitamin. kandungan vitamin dalam sayuran kol terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, C, E, K, kemudian juga mengandung magnesium, kalium, zat besi, kalsium, kandungan sulfur dan asam folat. Perlu juga diketahui bahwa didalam kol ini juga mengandung lemak, serat, karbohidrat dan kalori yang sukup lumayan.  Dan berikut ini manfaat yang terkandung didalam Kubis untuk kesehatan.




Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan

Didunia modern dan tradisional, kubis atau kol mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. didunia modern kubis merupakan sayuran yang dapat bermanfaat sebagai anti kanker, dan di dunia pengobatan tradisional, kubis juga dapat menjadi pengobat peradangan yang dapat terjadi pada siapapun, dan berikut ini manfaat yang lain dari sayuran kubis atau kol ini.

1. Kesehatan Otak

Kubis atau kol mampu membantu menjaga otak serta meningkatkan daya saing dan konsentrasi, karena dalam kubis ini mengandung anthocyanins dan vitamin K. Dengan kedua kandungan nutrisi tersebut kubis dapat membantu mengurangi resiko penyakit alzheimer bahkan menyembuhkannya dan mencegah kerusakan syaraf.

2. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Kubis mempunyai manfaat mengeluarkan racun dalam tubuh, karena adanya kandungan sulfur yang tinggi dan vitamin C. dengan kedua kandungan tersebut racun penyebab penyakit seperti asam urat, reumatik, penyakit kulit dan arthtiris dapat disembuhkan.

3. Mencegah Kanker

Kubis juga mempunyai kandungan senyawa seperti sulforaphane, siniggrin dan lupeol, dimana senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker. Dalam banyak penelitian juga menunjukkan bahwa kubis ini juga mempunyai kemampuan dalam mencegah sel sel kanker.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Adanya kandungan potassium dalam kubis, maka kubis dapat membantu dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar keseluruh tubuh. Dengan semakin lancarnya aliran darah ini, sirkulasi darah akan menjadi lancar, sehingga akan mengurasi resiko serangan jantung dan stroke yang bisa terjadi pada penderita darah tinggi.

5. Mengatasi Sakit Kepala

Kubis sejak dahulu sudah dikenal untuk menyembuhkan sakit kepala secara tradisonal, namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan resep ini, namun ada perlunya anda ketahui cara membuar ramuannya, yaitu haluskan kubis secukupnya dengan menggunakan blender, kemudian bungkuslah dengan kain yang bersih dan komprreskan pada dahi yang terasa sakit kepala, mudah mudahan sakit kepala anda akan segera hilang.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandaungan akan vitamin A, maka kubis dapat membantu kesehatan mata, sama dengan sayuran atau buah buahan lainnya yang mengandung vitamin A, seperti daun bawang, wortel dan apel, dengan membiasaakan mengkonsumsi jenis buah dan sayuran ini akan membuat mata anda selalu terjaga dari kacamata.

7. Obat Sariawan

Jika anda mengalami penyakit sariawan yang mengganggu, maka tidak ada salahnya anda mencoba resep ini, karena manfaatnya dapat membantu menyembuhkan sariawan, caranya dengan mengkonsumsi jus kubis secara rutin. karena kandungan kubis mempunyai zat glutamine yang terdapat didalam kubis, sehingga mampu menyembuhkan sariawan.

8. Melancarkan Pencernaan

Kandungan akan serat dalam kubis, akan membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit yang biasa terjadi karena kurang makan makanan berserat dan kandungan mineral dan sulfur.

9. Manfaat Lainnya

Kubis kaya akan kandungan vitamin E, dimana vitamin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat memperbaiki kerusakan jaringan sel-sel dalam tubuh, melancarkan metabolisme, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Kubis untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan digunakan sebagai obat tradisiona, kubis ini juga banyak manfaatnya bagi dunia kecantikan. diantaranya mencegah penuaan dini, menjaga kecantikan kulit dan membantu program diet penurunan berat badan.

1. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tak ingin tampil cantik dengan tubuh langsing? Hampir setiap wanita mendambakannya. Maka dari itu mereka rela melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kubis merupakan makanan tepat untuk membantu program diet Anda. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi kandungan seratnya sehingga dapat mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E dalam kubis ini juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

3. Kecantikan Kulit

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa kubis juga mempunyai kandungan akan  vitamin C dan vitamin E, dimana dengan vitamin ini mampu membantu kesehatan kulit yang biasa mengganggu kesehatan. kemudian senyawa yang terkandung dalam kubis seperti sulfur akan dapat membantu mengatasi infeksi penyebab jerawat dan jamur. bahkan kubis juga dapat digunakan sebagai jus untuk masker wajah dan menjaga kesehatan rambut.

Nah, itulah beberapa manfaat kubis untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat bermanfaat, namun demikian, kita juga harus bijak, jangan sampai karena banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, melupakan bahwa semua makan yang berlebihan akan menyebabkan penyakit lain, apalagi kubis mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena akan menyebabkan asam lambung yang meningkat karena kandungan gas dalam kubis ini. selamat mencoba.

12 Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi