Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, June 18, 2015

Cara Alami untuk Menghentikan Kecanduan Merokok

Cara Alami untuk Menghentikan Kecanduan Merokok - Kebiasaan merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sangat merugikan, baik untuk si perokok maupun bagi siapapun yang berada di dekatnya, akan merasakan semua dampaknya. Bahkan bagi bukan perokok yang berada di sekitarnya malah akan menerima dampak buruk yang lebih besar dibanding perokoknya. Kebiasaan ini sudah disadari sepenuhnya oleh setiap orang, namun untuk berhenti merokok juga mengalami kesulitan bukan kepalang. Akibat dari kebiasaan merokok dapat membawa banyak penyakit yang bisa menghampiri diri kita maupun keluarga kita, bahkan merokok dapat merusak kecantikan.

Jika berbagai penyakit serius telah menjangkiti keluarga kita, seperti misalnya, penyakit paru, kanker, kesehatan reproduksi, penyakit kardiovaskuler dan penyakit lainya yang dapat meningkatkan infeksi. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita membuang jauh jauh kebiasaan merokok yang membahayakan kesehatan tubuh, dan jika anda perokok aktif mulai saat ini hentikanlah kebiasaan anda, sebelum terlanjur jauh, bila ternyata sulit usahakan secara bertahap tidak sekaligus.
Berbicara untuk masalah berhenti merokok merupakan masalah yang tidak gampang di hentikan, namun manfaat keuntungan dari anda tidak merokok lebih besar dari pada akibat yang ditimbulkannya. Nah, untuk upaya menghentikan kecanduan nikotin berikut ini ada Tips cara alami untuk menghentikan kebiassaan merokok yang bisa anda simak informasinya.

1.    Sadari bahaya/kerugian merokok

Kita harus menyadari berapa rupiah yang harus kita keluarkan setiap hari, dan bayangkan itu dalam hitungan tahun, berapa rupiah yang kita buang begitu saja untuk membakar rokok, yang bila dirassa tidak mengenyangkan, malah akan mendatangkan berbagai penyakit untuk datang baik diri kita maupun keluarga kita.

2.    Hentikan secara bertahap

Kebiasaan merokok jika sudah mengalami kecanduan akan sangat berat untuk meninggalkannya, anda bisa melakukan cara bertahap, sedikit demi sedikit untuk terus mengurangi merokok, jalan satu ini paling mudah, akan tetapi harus konsisten dan berdisiplin tinggi.

3. Mengganti kebiasaan merokok dengan hal yang menyenangkan

Untuk membiasakan diri dari rasa ketagihan nikotin dapat membuat perasaan seorang pencandu nikotin mempunyai rasa cemas, marah, gelisah bahkan frustasi, namun bila anda mengetahui cara yang paling bagus dan mudah adalah anda cukup mengalihkan perhatian anda kepada hal hal lain yang mempunyai manfaat positif seperti menjalankan hobi, mengonsumsi permen maupun kegiatan membaca dan lain sebagainya.

4.    Konsultasi

Jika anda mengalami berbagai kesulitan untuk berhenti merokok, mungkin saja dokter dapat membantu anda untuk menghentikan merokok, dengan konsultasi ke dokter, maka anda akan terbantu dengan mengurangi ketergantungan nikotin yang dapat merusak kesehatan.

5. Kabarkan pada orang terdekat bahwa Anda mulai berhenti merokok

Agar anda terbantu dengan lingkungan sekitar anda, sehingga anda mendapat dorongan, maka kabarkan berita baik ini, dan usahakan lingkungan sekitar untuk turut membantu memperlancar usaha anda, terbebas dari kecanduan nikotin.

6.    Jauhkan diri dari Stress

Dengan membuat diri anda bersenang senang, maka ini merupakan upaya untuk menghilangkan perasaan stres yang biasanya terjadi. kadang seorang dapat kecanduan nikotin, karena mereka sedang mengalami stres, sehingga melampiaskan pada rokok.

7.    Konsumsi makanan dan minuman yang menghentikan kecanduan merokok

Berikut ini beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu anda untuk terbebas dari kecanduan nikotin, yakni sebagai berikut : 
  • Sayuran hijau dan buah-buahan, Manfaat dari buah dan sayuran ini sangat bagus dan selalu dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar selalu sehat, sehingga dapat membersihkan nikotin dari dalam tubuh secara alami.
  • Makanan yang mengandung alkaline tinggi, Makanan beralkaline tinggi membantu memerangi kecanduan merokok. Beberapa jenis makanan yang kaya alkaline, antara lain : bayam, bit, kismis, roti, almond, kentang, jagung, dan lainnya.  

    Tomat, Buah Tomat mempunyai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, karena mengandung licopen yang berfungsi membantu kesehatan paru paru dan dapat mencegah kanker yang mungkin dapat menyerang anda.

    Pisang, Pisang mengandung nutrisi penting, antara lain Vitamin B dan mineral pentiing yang membantu menghentikan kebiasaan merokok. 

    Susu dan produk susu, Minum susu dan produk olahan lainnya akan membantu menghentikan kecanduan rokok, karena susu membuat rasa rokok menjadi tidak enak/pahit. 

    Terong, Mengonsumsi terong dapat mengurangi intensitas kecanduan nikotin sehingga sangat membantu menghentikan kebiasaan merokok. 

    Air kelapa tua, Rutin minum air kelapa tua akan membantu membersihkan nikotin dalam tubuh dan membuat tubuh lebih nyaman.

Semoga informasi tentang Cara Alami untuk Menghentikan Kecanduan Merokok diatas dapat membantu Anda lepas dari kebiasaan merokok yang merugikan. Salam Sehat!

Cara Alami untuk Menghentikan Kecanduan Merokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi