Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Friday, June 12, 2015

Manfaat Susu Kedelai dan Kandungan Nutrisinya

Anda mengenal minuman sehat Susu kacang kedelai? minuman susu kacang kedelai sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, bahkan sudah sangat familier dengan sebutan itu. Minuman yang satu ini merupakan minuman tradisional yang berasal dari kacang kedelai asli dari blenderan kacang kedelai, mungkin lebih tepatnya sari kacang kedelai, bukan susu kacang kedelai, hanya bentuknya yang putih mirip dengan susu sehingga disebut dengan susu kacang kedelai.

Asal usul susu kacang kedelai ini tercipta sebagai inisiatip Raja Huainan, Liu An dari Dinasti Han pada ribuan tahun yang lalu yakni 1900 yang lalu, karena Raja Huainan merasa khawatir terhadap kondisi sang ibu yang tengah mengalami sakit keras hingga makanan apapun tidak termakan, akhirnya diupayakanlah dengan membuat rendaman kacang kuning lalu di giling sehingga mendapat cairan yang berwarna putih, untuk bisa di konsumsi ibuny yang sedang sakit tersebut.


Hasil dari mengkonsumsi air kacang kuning tersebut perlahan lahan ibunya mulai sembuh, dengan ramuan susu kacang tersebut. Dan mulai saat itu susu kacang kedelai menjadi terkenal akan manfaatnya hingga saat ini. Sebenarnya menurut para ahli gizi bahwa susu kacang kedelai ini bukanlah merupakan susu dan juga bukan golongan susu, karena kita tahu sendiri bahwa susu hanya terbuat atau diproduksi oleh kelenjar susu pada manusia atau binatang mamalia lainnya.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai

Manfaat mengkonsumsi minuman olahan kacang kedelai ini akan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, karena kedelai merupakan sumber protein yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh, berikut manfaat susu kacang kedelai bila anda mengkonsumsinya.

Mencegah Kerusakan Sel

Kacang kedelai sudah banyak dikenal mempunyai banyak kandungan berbagai nutrisi bagi tubuh, dan kacang kedelai juga mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang disebut dengan isoflavon sebagai pendukung kesehatan sel. Lebih tepatnya senyawa isoflavon ini memiliki andil dalam membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh dan memperbaiki sel yang mengalami kerusakan akibat polusi udara, cahaya matahari dan proses tubuh yang tidak normal.

Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dengan minum susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama 9 minggu akan dapat menurunkan kolesterol yang tinggi sebanyak 5 %. Dengan demikian maka kandungan yang terkandung dalam kedelai akan menolong kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Adapun kandungan yang dimiliki dalan kedelai adalah isoflavon, antioksidan dan protein, kombinasi ketiganya menghindarkan jantung dari masalah kesehatan jantung dengan meminimalisir kadar kolesterol jahat (LDL). Jika meminum susu kacang kedelai, maka akan membuat jantung semakin sehat alami.

Anti-kanker

Senyawa isoflavon memang multifungsi, selain mencegah sakit jantung dan mencegah kerusakan sel, peranan lain dari antioksidan ini adalah sebagai antikanker yang bertanggung jawab dalam hal memerangi sel-sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa ditanggulangi oleh isoflavon adalah kanker rahin, payudara dan prostat.

Mencegah Osteoporosis

Seperti yang diketahui bahwa protein akan memastikan terserapnya nutrisi berupa kalsium pada tulang. Disini peranan protein tidak lepas dari isoflavon yang juga membantu mencegah sekaligus menghambat terjadinya kehilangan struktur tulang dan kerusakan tulang yang pada akhirnya juga membantu menangkal osteoporosis.

Mengatasi Gejala Menopause

Kandungan isoflavon akan membantu rasa panas pada badan, saat anda mengalami atau memasuki masa menopouse, karena biasanya keadaan ini yang akan dirasakan, dan jika seseorang mengalami hal yang demikian. susu kacang kedelai menjadi solusi yang sangat aman, dan bebas dari efek samping yang membahayakan bagi tubuh.

Mengontrol Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi sangat dibutuhkan bagi anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan, karena manfaat serat dapat membantu mengontrol rasa lapar dan nafsu makan yang meningkat, sehingga bila minum susu kacang kedelai akan menjadi tahan lapar lebih lama. Inilah yang diharapkan saat upaya menurunkan berat badan, namun kondisi ini harus tetap dijaga agar jangan berlebihan mengkonsumsinya.

Kandungan Susu Kedelai

Banyak kegunaan yang terdapat dalam susu kacang kedelai, seperti karbohidrat, lemak dan protein, kandungan ini sebagai pelengkap dalam memenuhi nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Susu kedelai ini sangat enak bila di minum saat dingin, sehingga nutrisinya tidak akan mudah hilang.

Nah, itulah beberapa manfaat dari Susu Kedelai yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, dan tidak ada salahnya kita mencoba meminum susu kacang kedelai, untuk tetap mencegah dan menjaga kesehatan tubuh dari penyakit yang berbahaya, selamat mencoba!!!!

Manfaat Susu Kedelai dan Kandungan Nutrisinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi