Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Saturday, June 27, 2015

Manfaat dan Fungsi Vitamin K (Koagulasi) Bagi Tubuh Manusia


Koagulasi atau yang di sebut dengan Vitamin K ini mempunyai manfaat sangat penting di dalam tubuh, vitamin ini membantu proses pembekuan darah saat kita mengalami luka, sehingga darah akan berhenti dalam pendarahan. Vitamin K mempunyai serupa dengan vitamin E yakni vitamin ini akan mudah larus dalam lemak.
Manfaat Vitamin K dalam tubuh diperlukan dosis 2 mcg per kg vitamin K setiap hari, kelebihan citamin K akan nampak gejala seperti muntah, mual, ruam kulit, diare dan anemia, sedangkan jika anda kekurangan vitamin K terlihat gejalanya dari pembekuan darah yang tidak normal. Untuk kekurangan vitamin K pada usia dewasa sangat jarang ditemukan, namun kekurangan vitamin K biasa ditemukan pada bayi yang baru dilahirkan.


Bahan makanan yang menjadi sumber Vitamin K dapat di temui pada jenis sayuran hijau, asparagus. hati, susu, brokoli, kol dan kedelai. Nah untuk mengetahui manfaat lainnya dari vitamin K untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut

Pembekuan Darah

Seperti telah dijelaskan pada awal artikel ini, bahwa manfaat vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah, sehingga bila kita mengalami suatu luka, maka darah tidak akan berhenti mengalir, dan biasanya akan lama sembuhnya dibandingkan jika kita tidak mengalami kekurangan vitamin K.

Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Vitamin K banyak sekali membantu dalam kesehatan tulang, dengan vitamin K kepadatan tulang akan semakin kuat, sehingga dapat juga untuk mencegah resiko penyakit osteoporosis. Oleh karena itu vitamin K sangat membantu kesehatan tulang, karena vitamin K akan membantu tulang akan membentuk senyawa osteokalsin yang akan berfungsi meyerap mineral dalam membentuk struktur tulang yang kuat.

Mencegah Diabetes

Peneliti di Tufts menemukan bahwa vitamin K, khususnya K1, dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes. Penemuan ini diterbitkan dalam Diabetes Care. Selain itu, vitamin ini juga membantu metabolisme di dalam tubuh terkait dengan resistensi senyawa insulin.

Mencegah Penyakit Hemoragik

Hemoragik merupakan penyakit yang dapat terjadi pada bayi yang baru saja lahir, dimana bayi mengalami pendarahan, oleh karena itu untuk mengatasinya, segera lakukan tindakan untuk menyusu pada ibu melalui ASI karena ASI mengandung vitamin K yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir, sehingga saat mengandung dan memasuki tahap melahirkan sang ibu di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K, untuk menyelamatkan sang bayi, jika mengalami penyakir hemoragik tersebut.

Mencegah Pendarahan Hati

Vitamin K dapat mencegah dan menekan terjadinya pendarahan yang bisa terjadi pada hati, pendarahan hati ini bisa muncul sebagai akibat penggunaan obat obat antibiotik atau aspirin yang berlebihan.

Mencegah Kanker

Penyakit kanker yang selalu menjadi pembunuh utama manusia di dunia, dapat di cegah dengan selalu mencukupi vitamin K dalam tubuh kita, sehingga terhindar dari kekurangan vitamin K, karena vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di paru paru dan di hati.

Nah, itulah manfaat dan fungsi dari Vitamin K bagi kesehatan tubuh manusia yang tidak boleh di abaikan, karena jika terabaikan akan dapat membahagiakan kesehatan tubuh dari berbagai penyakit, selamat mencoba

Manfaat dan Fungsi Vitamin K (Koagulasi) Bagi Tubuh Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi