Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Monday, June 29, 2015

5 Bahan Alami Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Saat menjalankan ibadah puasa, kurangnya asupan minuman sebagai penngganti cairan dalam tubuh sering terjadi, masalah yang demikian akan membuat anda mengalami dehidrasi, yang pada akhirnya akan membuat tubuh mengalami cepat lelah, rasa pusing yang tiba tiba saja menyerang. Apalagi banyak tuntutan pekerjaan yang sedang dialami saat puasa, menyebabkan masalah seperti rasa mual, haus bahkan kurang konsentrasi dan dapat berakhir pada jatuh pingsan. Masalah tersebut dapat terjadi kepada siapapun yang tidak dapat mengatur konsumsi minuman sebagai pengganti cairan dalam tubuh secara tepat, sehingga anda akan mengalami drop dan dehidrasi saat puasa.

Guna mengatasi berbagai permasalahan yang ditimbulkan akibat dehidrasi, sehingga tubuh menjadi tetap sehat dan bugar di perlukan beberapa cara dalam upaya menyeimbangkan kebutuhan cairan dalam tubuh. Untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa konsumsi buah buahan yang memiliki kandungan air lebih tinggi saat berbuka puasa, sehingga dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi dalam tubuh secara alami, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu mengatasi dan mencegah dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

1. Nanas
Buah nanas sangat banyak mengandung air yang dapat menggantikan cairan tubuh, saat berbuka puasa tiba, selain mengandung air yang tinggi buah nanas juga mempunyai kandungan asam amino yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dalam buah nanas juga mengandung bromelain, dan anti inflamasi. Manfaat bromelain dalam tubuh untuk mengatasi penggumpalan darah yang dapat terjadi, sedangkan anti-inflamasi bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Dengan mengkonsumsi buah nanas terutama saat ibadah puasa, anda akan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.


2. Blewah
Buah blewah pada saat puasa sangat mudah di cari, dan buah blewah ini sangat menarik untuk takjilan saat berbuka puasa, kandungan air dalam buah blewah sangat tinggi, sehingga sangat penting untuk produksi air untuk energi yang lebih banyak. Oleh karena itu kebanyakan orang sering sekali mengkonsumsi buah yang satu ini saat berbuka, karena rasanya yang enak dan harum baunya, membuat selera makan buah blewah menjadi semakin meningkat, sehingga membuat hari hari puasa anda menjadi lebih sehat dan bugar. Karena kandungan air dalam buah blewah dapat mencapai 89%. kemudian selain bermanfaat mengatasi dehidrasi dalam tubuh manfaat lain bermanfaat untuk tetap menjaga kestabilan gula darah tetap stabil, sehingga buah blewah sangat membantu kesehatan tubuh untuk penderita diabetes.


3. Mangga
Buah mangga, Memang kandungan kalori yang terdapat pada buah ini cukup tinggi. Pada buah mangga juga diperkaya dengan mineral dan vitamin, Yang semuanya itu bisa berguna untuk membantu tubuh mendapatkan cairan agar tidak terjadi dehidrasi. Sehingga mengkonsumsi mangga sebagai selingan saat anda berbuka puasa memang cukup pas untuk meningkatkan stamina anda saat berpuasa. Dan kandungan vitamin yang terdapat pada buah mangga cukup kompleks, Yakni vitamin A, B6 dan C.


4. Anggur
Dengan sering mengkonsumsi buah anggur saat berbuka puasa, Memang patut untuk anda jadikan sebagai bahan alami anti-dehidrasi. Hal demikian karena pada buah anggur mengandung banyak air yang berguna untuk meningkatkan cairan dalam tubuh. Selain itu, Buah anggur juga mengandung zat bernama resveratrol yang merupakan antioksidan dan cukup ramah untuk hati pada tubuh anda. Buah anggur memiliki banyak jenis yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan, Diantaranya anggur hitam, anggur merah, anggur hijau dan anggur ungu, Yang semuanya itu baik untuk anda konsumsi dalam meningkatkan cairan pada tubuh. Sehingga di saat anda menjalani ibadah puasa tidak merasa letih atau lemas.


5. Air kelapa
Siapa yang tidak kenal dengan khasiat air kelapa ?, Kandungan air yang terdapat pada air kelapa mencapai 95 % dan baik dijadikan minuman untuk mencegah dehidrasi. Pada air kelapa juga memiliki kandungan natrium yang relatif rendah. Selain itu, Kandungan elektrolit pada air kelapa muda berguna untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh anda dengan tepat. Oleh karena itu, Mengkonsumsi air kelapa saat berbuka puasa juga diperlukan agar stamina tubuh tetap terjaga.

Demikianla, beberapa tips mengatasi dehidrasi saat puasa, yang cukup anda ketahui agar anda tidak mengalami dehidrasi saat menjalankan aktifitas sehari hari pada bulan puasa, semoga bermanfaat !!!

5 Bahan Alami Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi