Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Wednesday, June 24, 2015

14 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun bawang dikenal dengan nama Allium fistulosum, daun bawang juga digolongkansebagai salah satu pelengkap bumbu masak yang menambah selera masakan semakin lezat, banyak jenis makanan khas Indonesia yang menggunakan tambahan bahan daun bawang sebagai penambah rasa, misalnya sayur sop, martabak telor, gorengan, maupun telur dadar. Kemudian selain sebagai bahan penambah rasa makanan ternyata pada daun bawang terdapat manfaat yang cukup bagus untuk membantu kesehatan dan kecantikan. bagi tubuh kita.

Bawang memiliki dua jenis bawang yang sering digunakan untuk menambah aroma pada makanan, jenis bawang tersebut seperti, bawang putih, bawang merah, daun bawang ini mempunyai aroma yang sama dengan bawang merah atau bawang putih, aromanya sangat khas untuk menambah kenikmatan masakan. Namun disamping aromanya yang khas banyak tersimpan manfaat yang kaya manfaat untuk membantu kesehatan tubuh kita. beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan adalah seperti dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu kesehatan jantung, kandungan pada daun bawang memiliki manfaat sebagai anti bakteri, anti oksidan, mengatasi anemia dan membantu kesehatan penderita diabetes.

Daun bawang dalam membantu kecantikan misalnya dapat membantu mengatasi rambut rusak dengan membuatnya sebagai masker rambut, kemudian juga dapat membantu meremajakan dan mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat, dan terakhir dapat membantu melangsingkan tubuh. Untuk mendapatkan daun bawang di Indonesia tidaklah sulit memperolehnya, dan untuk membuat awet daun bawang sebaiknya disimpan di kulkas bersama akar akarnya, agar yidak cepat busuk.

Selanjutnya untuk mengetahui apa sebenarnya tang terkandung di daun bawang? sehingga mempunyai banyak manfaat untuk membantu kesehatan. Daun bawang ternyata banyak mengandung vitamin A, C dan K, kemudian yang lainnya seperti, serat dan rendah kalori, karbohidrat, lemak, ptotein, kalsium, potassium, dan asam folat.

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Jika anda mempunyai kegemaran mengkonsumsi dengan daun bawang, maka anda akan banyak memperoleh keuntungan dari manfaat daun bawang, selain sebagai bumbu dapur tentunya, berikut ini informasi manfaat daun bawang yang perlu anda ketahui :


1. Menjaga kesehatan mata

Daun bawang memiliki manfaat sama dengan apel, tomat dan wortel untuk menjaga kesehatan mata, , karena dalam daun bawang memiliki kandungan pro-vitamin A sebesar 24µg untuk membantu kesehatan mata orang dewasa, sebab asupan untuk vitamin A orang dewasa membutuhkan 2,6% - 3,4% kebutuhan nutrisi mata orang dewasa.

2. Baik untuk wanita hamil

Seperti di katakan pada kandungan daun baawang diatas, bahwa kandungan daun bawang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, dan kandungan asam folat ini merupakan nutrisi yang banyak di butuhkan oleh ibu hamil untuk membantu mengoptimalkan dan meningkatkan kecerdasan otak dan perkembangan janin. Dan bila wanita hamil mengalami kekurangan asam folat, maka wwanita tersebut akan mempunyai resiko keguguran janinnya, sehingga dengan kaya manfaat tersebut dianjurkan untuk ibu hamil untuk banyak mengkonsumsi daun bawang.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan akan kalsium dan vitamin C, K dapat membantu menyehatkan kesehatan tulang sebagai faktor penting dalam membentuk tubuh manusia semakin kuat dan perkasa untuk dapat bergerak leluasa.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan yang tinggi akan kemferfol, quercetin dan antioksidan pada daun bawang dapat membantu kesehatan dalam menjaga, meningkatkan imunitas seluruh tubuh dan juga kesehatan kulit. Dengan sering mengonsumsi daun bawang maka anda akan dapat  terhindar dari penyakit infeksi dan juga dapat membantu tubuh untuk melawan banteri dan virus, sehingga tubuh akan dengan mudah mengatasi penyakit seperti anti bakteri dan anti virus, sehingga juga dapat mncegar penyakit saluran pernapasan seperti, flu pilek dan demam.

5. Menyehatkan pencernaan

Sebagai awal dari kesehatan yang harus dijaga, pencernaan merupakan masalah kesehatan yang sangat penting, karena dari pencernaanlah awal mula penyerapan zat zat gizi dari berbagai makanan yang kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu gangguan sistem pencernaa, dapat diatasi dengan mengonsumsi daun bawang.

6. Kaya mineral, rendah kalori

Bumbu masakan yang satu ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot. Seperti jenis sayuran lainnya, daun bawang ini juga rendah kalori.

7. Menyehatkan jantung


Kandungan dalam daun bawang terdapat senyawa cycloalliin yang bermanfaat membantu mencegah penggumpalan darah, sehingga darah akan menjadi lebih encer, sehingga anda akan terhindar dari resiko penyakit aterosklerosis.

8. Mencegah diabetes

Jika anda memiliki penyakit diabetes, daun bawang juga dapat bermanfaat mencegah penyakit diabetes, karena daun bawang kaya akan kandungan phyto-kimia yaitu dua zat yang mampu mencegah degradasi insulin sehingga akan meningkatnya metabolisme glukosa dalam tubuh, adapun kedua zat tersebut adalah dengan sebutan alil disulfida dan alllium.

9. Mengobati cacingan

Bila kita mempunyai balita yang mengalami kurang aktif dan kondisi tubuh yang kurus ada kemungkinan anak tersebut terkena cacingan, oleh karena tidak ada salahnya jika kita mencoba memanfaatkan daun bawang yang bisa kita campurkan daun bawang bersama makanan, misalnya dengan soup, tentu akan semakin mudah memberikannya, dan yang lebih penting adalah bahwa menggunakan daun bawang akan terhindar dari bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

10. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mendapatkan tidur yang berkualitas berarti mendapatkan kembali kebugaran tubuh yang telah digunakan untuk beraktifitas seharian. Mengkonsumsi daun bawang dapat memperbaiki kualitas tidur, mencegah depresi dan mengendalikan homosistein.

Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan

Selain terkenal manfaatnya di dunia kesehatan, daun bawang ini juga kerapkali dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Mulai dari bahan untuk perawatan ulit hingga rambut. Mari kita bahas satu-persatu apa saja khasiat bumbu dapur ini untuk dunia kecantikan.

1. Menghilangkan jerawat

Manfaat daun bawang untuk kecantikan adalah dapat membantu menghilangkan jerawat yang sering timbul pada wajah kita, dan kenapa daun bawang mempunyai kasiat ini?, karena daun bawang mengandung zat allicin sebagai anti bakteri untuk membunuh bakteri yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat, caranya cukup simpel dan mudah yaitu, cukup memotong daun bawang atau bisa juga dengan menumbuk dan kemudian dioleskan pada wajah yang berjerawat.

2. Mencerahkan dan meremajakan kulit

Bila anda mempunyai masalah pada kulit wajah yang kusam, maka anda bisa memanfaatkan daun bawang sebagai sarana untuk membuat wajah anda menjadi cerah dan meremajakan kulit kembali. Karena dalam daun bawang memiliki kandungan vitamin C, dimana vitamin C ini akan dapat mengangkat sel sel kulit mati dan mencegah pigmentasi kulit, sehingga akan membuat kulit wajah anda menjadi tampak lebih muda kembali.

Selain membantu mengatasi masalah kulit kusam, daun bawang juga dapat membantu penuaan dini, karena daun bawang memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kulit menjadi rusak.

4. Manfaat bawang daun untuk rambut

Jika anda mengalami rambut rusak, anda dapat memanfaatkan khasiat daun bawang untuk menyembuhkan rambut anda yang mengalami kerusakan, caranya cukup mudah dan gampang mengobatinya, hanya dengan membuat masker yang alami dan tidak terlalu sulit membuatnya.

Ambil daun bawang secukupnya, kemudian potong kecil-kecil. Ambil sebanyak satu genggam kemudian rebus dalam 1 gelas air selama 30 menit. Angkat daun bawangnya dan celupkan dalam air es selama 2 menit. Masukkan dalam blender dan tambahkan setengah cangkir minyak zaitun lalu blender hingga halus. Aplikasikan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit sambil dibungkus dengan shower cap atau handuk hangat. Berrsihkan rambut dan kulit kepala, gunakan shampo dan lanjutkan dengan kondisioner.

Lakukan perawatan rambut tersebut secara rutin 2 kali seminggu. Masker bawang daun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang rusak, kering, dan bercabang.

Nah, itu dia beragam manfaat dan khasiat dari daun bawang untuk kesehatan maupun kecantikan. Jadi, tambahkan daun bawang dalam masakan anda untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

14 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi