Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, June 25, 2015

Manfaat Pare untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

Sayuran satu ini disebut dengan Pare, buahnya yang berwarna hijau dan mempunyai tekstur kulit yang licin dan tidak beraturan ini, merupakan buah yang dapat dimanfaatkan sebagai sayuran yang mempunyai rasa pahit, sehingga tidak banyak orang yang menyukainya. Namun bila tahu cara memasaknya tentu tidak terlalu pahit sekali rasanya

Buah pare yang terkenal dengan sebutan buah pahit ini memiliki nama latin momordica charantina, Buah pare sering di temukan dengan dimasak sebagai sayuran yang bisa ditumis atau biasa juga di buat untuk campuran makan somay, rasanya yang pahit namun memiliki kandungan dan mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan yang dimiliki oleh pare seperti, anti oksidan, fitokimia, likopen, Vitamin B1 dan Vitamin K. 

Dalam buah pare juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan, mengeluarkan racun dalam tubuh dan  meningkatkan produksi ASI, namun demikian buah pare tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan penyusutan rahim, ini sebagai akibat dari kandungan buah pare akan kina, yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, oleh karena itu sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Pare untuk Kesehatan

Tenyata bila kita bahas, buah pare ini mempunyai banyak manfaat untuk membantu kesehatan tubuh, Beberapa manfaat buah pare ini diantaranya adalah susah buang air kecil, radang selaput mata, keringat berlebihan, heatstroke, demam, tukak, disentri, memperkuat fungsi hati, ginjal dan limfa sert dapat menurunkan panas. akan tetapi jika anda menderita kelainan lambung dan limfa sebaiknya jenis sayuran ini harus anda hindari.

Berikut ini akan kita ulas beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sayuran pare ini secara teratur.

Manfaat Buah Pare Melancarkan ASI

Sayuran pare sudah banyak dikenal masyarakat sejak dahulu kala, biasanya buah pare ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dengan membuat sayuran tumis, sebagai lalapan lauk pauk, ataupun dapat digunakan sebagai minuman jus yang enak dan nikmat. Manfaat buah pare untuk ibu menyusui adalah dapat meningkatkan produksi ASI yang sangat dibutuhkan oleh para ibu yang sedang menyusui, dan dengan mengkonsumsi pare ASI akan lebih kental yang membuat bayi akan terasa cepat kenyang.

Beberapa tips mengkonsumsi buah pare, dapat menggunakan cara cara seperti membuat minuman jus dan mencampurnya dengan melon, sehingga akan menambah nikmat minuman jus tersebut, kemudian bila dikonsumsi dengan membuat sayur, maka memasaknya jangan terlalu matang untuk membuat kandungan yang dimiliki buah pare tidak hilang, dan terakhir pare dapat dikonsumsi dengan cara membuat lalapan yang segar dengan terlebih dahulu mengukusnya baru anda santap.

Manfaat Pare untuk Program Diet

Buah pare mempunyai khasiat buat anda yang sedang melakukan diet, menurunkan berat badan, karena saat diet yang sehat biasanya diperlukan aneka sayuran segar untuk membantu program diet alami, dan pare menjadi solusi paling mujarap. Karena pare memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi sehingga akan membantu anda untuk selalu merasa kenyang lebih lama. Dan buah pare merupakan sayuran yang rendah kalori, berdasarka penelitian Center for disease control and prevention, dalam secangkir pare hanya mengandung 16 kalori saja, sementara kandungan airnya mencapai 90 persen dengan serat 2,6 gram.

Melancarkan pencernaan

Khasiat pare selanjutnya adalah pare dapat membantu menyembuhkan penyakit pencernaan, karena di dalam buah pare mampu memberi rangsangan enzim di dalam perut sehingga dapat menjaga gerakan usus sampai makanan dikeluarkan. dibalik rasa pahit pare rupanya dapat membantu mengatasi permasalahan pencernaan seperti konstipasi dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pare sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Mengontrol kolesterol

Manfaat buah pare yang cukup penting dalam hal mengatasi kolesterol adalah pare mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga kolesterol anda akan menjadi normal seperti biasa, kemudian dalam hal progrm diet, buah pare juga mempunyai manfaat dapat menghilangkan lemak dalam tubuh sehingga progrm diet menjadi berhasil.

Manfaat Pare untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk program diet menurunkan berat badan dan melancarkan ASI, pare juga berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Lebih tepatnya membantu menghilangkan jerawat di wajah. Memang, jerawat ini adalah musuh bagi kecantikan, terutama mereka yang baru menginjak masa remaja (pubertas).

Selain kaya akan kandungan serat, buah ini juga mengandung vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, dan beta-karoten. Beta-karoten ini selain baik untuk kesehatan mata juga dapat membantu mengatasi jerawat. Kandungan vitamin C dalam buah pare mampu menjaga kecantikan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar ulra violet (UV).

Untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, bisa dilakukan dengan cara meminum jus pare atau membuat masker dari buah pare. Ambil buah pare yang masih segar, belah dan buang bijinya. Potong menjadi beberapa bagian lalu diblender hingga halus. Peras airnya lalu diminum. Sementara ampasnya ditempelkan di wajah sebagai masker.

Manfaat Buah Pare yang Lainnya

Untuk mengontrol kadar gula darah, buah pare sangat membantu anda untuk membersihkan racun dalam darah dan tubuh, mencegah kanker pankreas dan mengobati penyakit asma. Dan menurut kutipan dari laman Nutrasanus.com, buah pare dapat membantu mengatasi penyakit kecing manis atau diabetes, karena buah pare mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh penderita diabetes, yaitu insulin dan alkaloids, buah pare dianjurkan untuk membantu mencegah diabetes tipe dua.

Membuang racun dan menyehatkan liver

Buah pare bermanfaat membantu kesehatan liver dengan mengeluarkan racun dalam tubuh dan mengikis lemak, sehingga tubuh menjadi lebih sehat sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membersihkan darah

Senyata yang dihasilkan pare adalah cucurbitacins manfaatnya untuk mengatasi gatal gatal karena darah kotor dan membersihkan darah, dengan mengkonsumsi jus pare secara rutin dan teratur akan membuat anda semakin sehat, cukup sekali sehari tiap pagi sebelum makan.

Mencegah pertumbuhan sel kanker pankreas

Dari penemuan para peneliti di Amerika Serikat buah pare dapat membantu mengatasi pankreas untuk memblokir proses glukosa menjadi energi, dan inilah yang menjadikan sel kanker menjadi kuat dan berkembang dengan pesat, sehingga dengan mengkonsumsi buah pare kanker pankreas akan mampu diatasinya.

Mengobati asma

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts diketahui bahwa konsumsi makanan pahit seperti pare dapat merangsang indera pengecap yang berada di saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan menjadi lebih lebar sehingga aliran udara menjadi lebih baik. Maka dari itu, konsumsi pare sangat penting bagi penderita asma.

Nah, itu dia manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan. Ternyata banyak sekali yah? Dan masih banyak lagi sayuran yang tanpa kita sadari memberikan manfaat bagi kesehatan. Silahkan baca artikel tentang manfaat tomat dan manfaat mentimun yang merupakan sayuran dengan khasiat yang tak kalah menakjubkan dari pare alias paria.

Manfaat Pare untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi