Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, June 18, 2015

Meski Puasa, Kebutuhan 2 Liter Air Harus Terpenuhi. Bagaimana Caranya?

Puasa yang sedang kita jalankan merupakan kegiatan untuk upaya tidak makan dan minum atau lebih sering disebut sebagai, hasrat untuk menahan diri dari rasa haus dan rasa lapar selama kurang lebih 12 jam setiap hari sampai dengan 30 hari lamanya. Dari kebiasaan yang kita lakukan dengan puasa ini akan secara perlahan tapi pasti dapat mempengaruhi kondisi tubuh, terutama pada asupan minuman yang baik dan teratur, namun dalam mengkonsumsi minuman terutama air putih harus mencapai 2 liter perhari dapat terpenuhi.

Kebutuhan akan air minum ternyata tidak dapat di tawar lagi, menurut dr Sri Sukmaniah salah seorang dokter spesialis Gizi Klinik  Fakultas kedokteran UI, kebutuhan air minum untuk anak adalah 1,6 liter air, untuk dewasa 2 liter atau 8 gelas air minum dan lanjut usia membutuhkan air 1 - 1,5 liter air minum.

Kebutuhan air minum bagi orang dewasa yang harus dipenuhi setiap hari, baik itu dalam kondisi puasa maupun tidak dalam kondisi puasa, hanya yang diperlukan adalah cara mengatur konsumsi air minum saat sahur dan buka puasa, sehingga nutrisi air minum akan tetap terpenuhi. Dengan pembagian waktu yang diatur menyesuaikan waktu puasa maka asupan air minum akan terpenuhi, namun demikian kita kadang melupakan kondisi demikian dan melupakan kebutuhan air untuk tubuh. oleh karena itu agar tubuh tidak mengalami dehidrasi maupun tubuh menjadi lemas dan tak bersemangat saat menjalankan ibadah puasa.
Konsumsi air minum sebanyak 8 gelas ini harus segera digantikan, hal ini untuk menjaga kondisi tubuh yang kekurangan air minum saat berpuasa, untuk mensiasati porsi air minum yang kita konsumsi, maka saat sedang tidak berpuasa yakni pada malam hari atau setelah berbuka puasa sebaiknya konsumsi air minum sebanyak paling tidak 75 % harus terpenuhi, kemudian sisanya adalah saat menjalankan sahur, dengan pengaturan seperti ini niscaya pada saat siang hari, tidak akan begitu lemas dan kurang bersemangat.

"Setelah imsak sampai buka seringkali berpuasa sampai 14 jam. Tubuh sudah dehidrasi. Jadi setidaknya 75% air yang hilang, saat sebelum tidur sudah tergantikan. Empat gelas dicicil. Saat sahur, 25% kebutuhan terpenuhi," katanya.

Caranya, ujar Ani, bisa meminum dua gelas pertama saat berbuka puasa. Setelah menunaikan ibadah salat magrib hingga sebelum tidur dicicil dengan meminum empat gelas air. Setelah itu, dua gelas terakhir diminum saat sahur.

"Saat buka, minum dua gelas. Salat magrib, terus makan utama harus minum lagi empat gelas sampai menjelang tidur. Sahur minum lagi dua gelas," katanya. 


Nah, bagaimana menurut anda, apakah anda berkeinginan mencobanya? semoga dengan tips konsumsi air minum yang efektif.

Meski Puasa, Kebutuhan 2 Liter Air Harus Terpenuhi. Bagaimana Caranya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi