Referensi Cara Sehat dan Cantik Alami

Thursday, June 18, 2015

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kandungan Kimianya

Manfaat Bawang Putih - Bumbu bumbu dapur seperti bawang putih ternyata mempunyai manfaat terpendam, bawang putih yang dikenal sebagai rempah bumbu dapur mempunyai banyak kandungan senyawa di dalamnya yang bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit, maupun sebagai penjaga kesehatan tubuh.

Bawang putih ternyata juga kaya akan kandungan sebagai anti virus, anti bakteri, anti oksidan dan anti jamur, menurut Laman Times of India, bawang putih banyak memiliki kandungan 100 bahan kimia biologis yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan, yang sudah dikenal sebagai obat tradisional yang digunakan sejak dahulu kala :


Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih sebagai obat penurun kolesterol sudah digunakan nenek moyang kita dahulu, namun beberapa pernyataan dari penelitian yang telah dilakukan membenarkan, bahwa bawang putih mampu menurunkan kolesterol, cobalah dengan mengonsumsi sebanyak 600 mg bawang putih selama setiap hari dan buktikan bahwa pernyataan ini benar adanya.


Mengobati Penyakit Kulit

Selain mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, bawang putih juga dapat membantu anda yang sedang mengalami infeksi maupun terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Dan bawang putih ini juga dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti kutil dan masalah kulit lainnya yang sangat efektif menyembuhkan penyakit tersebut.


Melancarkan Sirkulasi Darah

Bawang putih merupakan afrodisiak yang besar. Karena itu bawang putih bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga membantu memperpanjang ereksi. Jadi sangat baik untuk masalah seksual, pasokan energi dan juga menaikkan energi seksual.


Mengatur Gula Darah

Mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes. Bawang putih bisa menjadi salah satu makanan yang diprioritaskan untuk penderita diabetes.


Antibakteri

Sifat anti bakteri dan anestesi yang sangat berguna, dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit sakit gigi yang kadang bisa terjadi pada siapapun. Bahkan dua orang asal negara afrika memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan disentri, anti jamur dan anti bakteri.


Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih dapat membantu menghentikan pembekuan darah di pembuluh darah tubuh, sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendalikannya dari gerakan aliran darah pada organ tubuh.


Menurunkan Risiko Kanker Paru

Seiring dengan perkembangan berbagai tehnologi, banyak penelitian berhasil menemukan manfaad baru dari bawang putih, yaitu sebuah penelitian yang dilakukan di negara China bahwa bawang putih mampu membantu memnyembuhkan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh, seperti penyakit paru paru maupun penyakit kronis lainnya, hal ini dapat disebabkan karena adanya kandungan yang terdapat pada bawang putih, yaitu kandungan allicin.


Kesehatan Jantung

Dengan mengonsumsi bawang putih yang masih segar dapat membantu mengurangi serangan jantung yang disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen ke dalam tubuh.

Agar kandungan senyawa yang terdapat pada bawang putih tidak hilang, sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jika tidak suka dengan rasa dann aromanya, bisa ditambahkan sedikit madu. Baca juga mengenai manfaat bawng merah untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kandungan Kimianya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yudi